Pemerintah Diminta Siapkan SDM Indonesia Timur Sambut Hilirisasi Nikel

JagatBisnis.com –¬†¬†Hilirisasi nikel di Indonesia Timur membuka peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Namun, hal ini juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk mengelola dan menjalankan industri hilirisasi ini.

Oleh karena itu, pemerintah diminta untuk segera menyiapkan SDM di Indonesia Timur agar siap menyambut peluang hilirisasi nikel. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai upaya, seperti:

– Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan: Pemerintah perlu meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di Indonesia Timur agar menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh industri hilirisasi nikel. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun sekolah dan universitas baru, serta meningkatkan kualitas kurikulum yang ada.
– Memberikan insentif kepada tenaga kerja: Pemerintah perlu memberikan insentif kepada tenaga kerja yang bersedia bekerja di industri hilirisasi nikel. Insentif ini dapat berupa gaji yang kompetitif, tunjangan kesehatan, dan tunjangan perumahan.
– Membangun infrastruktur: Pemerintah perlu membangun infrastruktur yang memadai di Indonesia Timur untuk mendukung industri hilirisasi nikel. Hal ini termasuk membangun jalan, pelabuhan, dan bandara.

Baca Juga :   Presiden Jokowi dan PM Singapura Bahas Konsensus Myanmar Yang Sudah Berhenti

Dengan menyiapkan SDM yang kompeten, Indonesia Timur dapat memanfaatkan peluang hilirisasi nikel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Berikut beberapa manfaat hilirisasi nikel bagi Indonesia Timur:

Baca Juga :   Pembagian Rice Cooker Gratis Molor, Pemerintah Janjikan Tahun Depan

– Meningkatkan Pendapatan Daerah: Hilirisasi nikel akan meningkatkan pendapatan daerah di Indonesia Timur karena nilai jual nikel yang diolah menjadi produk akhir lebih tinggi daripada nikel mentah.
– Menciptakan Lapangan Kerja: Hilirisasi nikel akan menciptakan banyak lapangan kerja baru di Indonesia Timur, baik di sektor hulu maupun hilir.
– Memacu Pertumbuhan Ekonomi: Hilirisasi nikel akan memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur karena akan menarik investasi baru dan meningkatkan daya saing daerah.

Baca Juga :   Tenaga Kerja Indonesia Disiapkan sesuai Kebutuhan Pasar

Pemerintah telah berkomitmen untuk mendukung hilirisasi nikel di Indonesia Timur. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya berbagai kebijakan yang mendukung hilirisasi nikel, seperti Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Batubara.

Dengan persiapan yang matang, hilirisasi nikel diharapkan dapat membawa manfaat yang besar bagi Indonesia Timur dan seluruh rakyat Indonesia.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO