Wapres Maruf Berharap Sidang Sengketa Pilpres Hasilkan Putusan Terbaik Bagi Bangsa

Wakil Presiden Maruf Amin

JagatBisnis.com Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin harap sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang masih bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) bisa menghasilkan yang terbaik untuk bangsa.

Wapres pun menegaskan bahwa tidak boleh ada intervensi kepada MK karena kewenangannya mutlak dan independen. Bahkan, tegas Wapres, pemerintah juga tidak boleh ikut campur terkait putusan MK nantinya.

“Nah harapan saya, saya kira tentu kita tidak boleh mengintervensi ya, Mahkamah Konstitusi tentu punya kewenangan mutlak dan independen untuk pemerintah tidak boleh ikut campur,” tegas Wapres dalam keterangannya usai menghadiri acara di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga :   Hadiri HUT ke-51 PDIP, Ma'ruf Amin Disambut Lantunan Gamelan

“Nah harapannya tentu kalau saya putusannya seperti apa, yang terbaik untuk bangsa ini. Mudah-mudahan hasilnya yang terbaik untuk bangsa ini,” tambah Wapres.

Sementara itu, Wapres juga merespon pemanggilan empat menteri Kabinet Indonesia Maju ke sidang sengketa Pilpres oleh MK. Wapres berharap para menteri akan memberikan gambaran utuh mengenai kebijakan yang telah diambil, salah satunya bantuan sosial (bansos).

Baca Juga :   Tahun 2021, Ekspor Tanaman Hias Tembus Rp247 Miliar

“Saya kita seperti saya pernah katakan adalah menteri-menteri yang diminta, itu mereka akan hadir Insyaallah akan memberikan penjelasan sesuai dengan tentu yang mereka kerjakan,” kata Wapres.

Wapres mengatakan bahwa penjelasan dari para menteri bisa memberikan gambaran secara utuh terkait yang sedang dipermasalahkan oleh pihak berperkara, khususnya masalah bansos yang disalurkan bertepatan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca Juga :   Perluas Jangkauan Produk Halal Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke China

“Dan itu penting saya kira buat Mahkamah Konstitusi untuk memperoleh gambaran secara utuh sebenarnya apa yang mereka perlukan. Baik masalah bansos, maupun masalah-masalah yang lainnya. Saya kira menjadi lebih terang,” pungkasnya.

Diketahui, empat menteri yang akan hadir dalam sidang MK, Jumat (5/4) besok, diantaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (tia)

MIXADVERT JASAPRO