OJK Ungkap 3 Hal Penting di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

JagatBisnis.com –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara mengenai situasi ekonomi global yang penuh ketidakpastian. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, memaparkan 3 hal penting yang perlu dicermati di tengah kondisi ini:

1. Kenaikan suku bunga global: Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) diprediksi akan terus menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi. Hal ini dapat memicu aliran modal keluar dari negara berkembang, termasuk Indonesia.

2. Risiko geopolitik: Perang di Ukraina dan ketegangan di kawasan Asia Timur masih berpotensi memanas. Situasi ini dapat mengganggu rantai pasokan global dan mendorong kenaikan harga komoditas.

Baca Juga :   Ini Strategi OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan Ditengah Ancaman Omicron

3. Perlambatan ekonomi global: Pertumbuhan ekonomi global diprediksi akan melambat pada tahun 2024. Hal ini dapat berimbas pada kinerja sektor keuangan dan perdagangan internasional.

Baca Juga :   OJK dan Pemerintah Perkuat Teknologi Program Antipencucian Uang

Meskipun terdapat berbagai risiko, Dian optimis bahwa Indonesia mampu menghadapi situasi ini dengan beberapa langkah strategis, seperti:

-Memperkuat ketahanan sektor keuangan
-Meningkatkan sinergi antar otoritas
-Memperkuat komunikasi dengan pelaku pasar
-Dian juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. -Masyarakat diimbau untuk mencermati informasi dari sumber terpercaya dan melakukan investasi dengan bijak.

Baca Juga :   Menteri Inggris Anne-Marie Trevelyan Bahas Isu Ekonomi dan Digital dengan Pejabat Indonesia

OJK terus memantau perkembangan ekonomi global dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas sektor keuangan Indonesia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO