Warga Bali Diminta Waspada Cuaca Ekstrem pada 14-16 Maret 2024

JagatBisnis.com Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tangga 14-16 Maret 2024.

Hal ini menyusul terbentuknya bibit Siklon Tropis 91S dan 94S di wilayah Indonesia.

Bibit Siklon Tropis 91S terpantau berada di Samudra Hindia bagian tenggara atau selatan Jawa tepatnya di sekitar 14.6 derajat lintang selatan dan 110.4 derajat bujur timur.

Baca Juga :   Dilanda Cuaca Ekstrem, 10 Pohon Tumbang dan 12 Titik Banjir di Malang

Sedangkan, Bibit Siklon Tropis 94S terpantau di Laut Timor bagian selatan atau tenggara NTT tepatnya di sekitar 12.5 derajat lintang selatan dan 128.8 derajat bujur timur.

Menurut Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, terbentuknya dua Bibit Siklon Tropis ini berdampak pada peningkatan kecepatan angin dan gelombang laut di Bali.

Baca Juga :   BNPB: Cuaca Ekstrem, Dipastikan Tak Ganggu Arus Balik Lebaran 2023

“Di wilayah Bali sendiri untuk kecepatan angin maksimum untuk 3 hari ke depan diperkirakan bisa mencapai 40 km/jam dan gelombang laut dapat mencapai 2 meter atau lebih,” katanya saat dihubungi, Kamis (14/3).

Peningkatan kecepatan angin dan gelombang laut ini juga menyebabkan terjadinya potensi hujan yang dapat disertai petir, banjir dan longsor.

Baca Juga :   Kaum Muda di Dunia Sangat Khawatir Bahaya Perubahan Iklim

“Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali,” katanya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO