Uni Eropa Tuding Israel Bertanggung Jawab atas Krisis Kemanusiaan di Gaza

Uni Eropa

JagatBisnis.comKepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, menyalahkan Israel atas krisis kemanusiaan yang tengah melanda Jalur Gaza. Dalam konferensi pers di PBB pada Selasa, Borrell menegaskan bahwa krisis ini bukan disebabkan oleh bencana alam, melainkan bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh tindakan manusia.

Baca Juga :   Airlangga: EUDR Bisa Berdampak Bagi Sawit Indonesia

“Kita harus meningkatkan bantuan kemanusiaan (ke Gaza). Namun, perlu diingat bahwa krisis kemanusiaan ini bukan disebabkan oleh bencana alam. Ini adalah bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh manusia,” ujar Borrell, sambil menambahkan bahwa Uni Eropa sedang meningkatkan bantuan kemanusiaannya.

Borrell menyoroti bahwa Israel bertanggung jawab atas krisis ini dengan menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan. Ia mendesak otoritas Israel untuk segera menghentikan tindakan tersebut dan meminta mobilisasi komunitas internasional untuk membantu. Borrell menekankan bahwa hambatan Israel terhadap jalur darat adalah “masalah utama,” sementara pengiriman melalui jalur udara atau laut tidak dapat menjadi alternatif yang memadai.

Baca Juga :   Rusia Dikeroyok dan Disanksi Negara-negara Eropa

Dalam pidatonya di Dewan Keamanan PBB, Borrell bahkan menyatakan bahwa Israel

Baca Juga :   Soal Krisis Migrasi di Eropa, Begini Tanggapan Uni Eropa

(tia)

MIXADVERT JASAPRO