Waspada, 7 Kabupaten di NTT Ada Peningkatan Cuaca Buruk

Ilustrasi cuaca ekstrem Foto: Tempo.co

JagatBisnis.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi potensi peningkatan cuaca burukdi sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur selama beberapa hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Sti Nenotek mengimbau masyarakat 7 kabupaten di NTT agar mewaspadai dampak bencana yang bisa terjadi akibat kondisi tersebut selama 3 hari berturut-turut.

“Waspada akan potensi cuaca buruk yang akan meningkat mulai tanggal 8-10 Maret 2024,” ungkap Nenot’ek dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga :   Warga di NTT Diminta Waspada Hujan Petir Selama Tiga Hari

Cuaca buruk, kata Nenot’ek, diperkirakan akan melanda wilayah Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Manggarai Barat, Manggarai, Flores Timur, Lembata dan Alor.

Baca Juga :   Jakarta Dilanda Hujan Badai

Adapun cuaca buruk tersebut berupa terjadinya peningkatan intensitas curah hujan dari sedang hingga lebat yang disertai petir dan tiupan angin kencang berdurasi singkat.

“Hujan sedang dengan intensitas 1,0-5,0 mm/jam atau 5-20 mm/hari. Sedangkan hujan lebat dengan intensitas 10-20 mm/jam atau 50-100 mm/hari,” ujarnya.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir hingga banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin serta kerusakan atap bangunan.

Baca Juga :   Warga DKI Diminta Waspada karena Diprediksi Cuaca Ekstrem Terjadi hingga 6 November 2021

“Khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung, dan tebing patut waspada akan potensi longsor atau banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang,” tandas Nenot’ek. (tia)

MIXADVERT JASAPRO