Berita  

Usai Raja Charles III, Ini Daftar Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

JagatBisnis.com –  Istana Buckingham baru saja mengumumkan bahwa Raja Charles III dari Kerajaan Inggris telah didiagnosis mengidap penyakit kanker.

Namun pihak Istana masih belum membeberkan jenis kanker yang diidap oleh Raja, walaupun keberadaan kanker ini diketahui saat Raja menjalani pengobatan pembesaran prostat.

Namun Istana menjelaskan bahwa Raja sudah mulai melakukan perawatan rutin sejak Senin (05/01/2024).

Raja Charles akan menghentikan kegiatan publiknya untuk sementara waktu untuk menjalankan perawatan.

Sedangkan sosok yang melanjutkan peran konstitusional sebagai kepala negara saat ini adalah Ratu Camilla dan Pangeran William.

Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris
Raja Charles III adalah Raja Inggris tertua yang dinobatkan saat berusia 74 tahun, untuk menggantikan posisi mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II yang meninggal karena faktor usia.

Baru satu tahun menjadi seorang penguasa tertinggi, Raja Charles III didiagnosis menderita penyakit kanker yang masih belum diketahui jenisnya.

Jika Raja Charles III terpaksa mengundurkan diri untuk fokus menjalankan perawatan, lantas siapa sosok yang akan menggantikan posisinya sebagai penguasa Kerajaan Inggris?

Berikut daftar pewaris takhta kerajaan Inggris yang dikutip dari BBC:

1. Pangeran William (lahir 1982)
Pangeran William, pewaris takhta Kerajaan Inggris
Pangeran William, pewaris takhta Kerajaan Inggris (Photo: Getty Images)
Pangeran William, anak tertua dari Raja Charles III dan Putri Diana, saat ini menduduki posisi terdepan dalam suksesi tahta.

Dia berumur 15 tahun ketika ibunya meninggal dunia. William melanjutkan pendidikannya di Universitas St Andrews, tempat ia bertemu dengan Kate Middleton, yang kelak menjadi istrinya. Mereka menikah pada tahun 2011.

Mereka dikaruniai tiga orang anak: George yang lahir pada bulan Juli 2013, Charlotte pada tahun 2015, dan Louis pada tahun 2018.

Sebelumnya, Pangeran William menjalani pelatihan bersama Angkatan Darat, Angkatan Laut Kerajaan, dan Angkatan Udara Kerajaan, kemudian menghabiskan tiga tahun sebagai pilot di Wales Utara.

Selama dua tahun, ia juga bekerja sebagai co-pilot paruh waktu bersama East Anglian Air Ambulance, selain menjalankan tugas-tugas kerajaan.

William meninggalkan posisi tersebut pada Juli 2017 untuk mengemban lebih banyak tugas kerajaan atas nama Ratu dan Duke of Edinburgh.

Dengan mewarisi Kadipaten Cornwall dari ayahnya, ia kini menyandang gelar Pangeran Wales.

2.Pangeran George (lahir 2013)
Pangeran George, pewaris takhta Kerajaan Inggris ke-2

Pangeran George adalah anak dari Pangeran William yang lahir di Wales pada 22 Juli 2013 di Rumah Sakit St Mary di London.

Meski masih berusia muda, Pangeran George berada di urutan kedua yang bisa menggantikan posisi Raja Charles III setelah ayahnya.

Baca Juga :   Soal Penyerbuan Gedung Capitol, Pangeran Harry Peringatkan Bos Twitter

3.Putri Charlotte (lahir pada 2015)

Pangeran William dan Kate Middleton memiliki anak perempuan bernama Charlotte Elizabeth Diana yang lahir pada 2 Mei 2015 di Rumah Sakit St Mary.

Ia berada di urutan ketiga yang bisa menggantikan posisi Raja Charles III setelah ayah dan kakak laki-lakinya, George.

4.Pangeran Louis (lahir pada 2018)

Lahir pada 23 April 2018 di Rumah Sakit St Mary di London, Louis Arthur Charles berada di urutan keempat pewaris tahta Kerajaan Inggris yang sah.

5.Pangeran Harry (lahir pada 1984)

Pangeran Harry mengawali karir militernya di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, setelah itu ia menjabat sebagai letnan di angkatan darat dengan posisi pilot helikopter.

Selama sepuluh tahun berkarir di militer, Harry dua kali ditugaskan ke Afghanistan, pada periode 2012 hingga 2013.

Ia meninggalkan dinas militer pada tahun 2015 dan mengarahkan fokusnya pada kegiatan amal, termasuk usaha konservasi di Afrika dan penyelenggaraan Invictus Games, sebuah ajang olahraga bagi anggota militer yang mengalami cedera.

Harry menikahi Meghan Markle pada tanggal 19 Mei 2018 di Kastil Windsor.

Pada Januari 2020, mereka mengumumkan pengunduran diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan memulai kehidupan di antara Inggris dan Amerika Utara, dengan tujuan mencapai kemandirian finansial.

Setelah lebih dari satu tahun, Istana Buckingham mengumumkan bahwa pasangan tersebut tidak akan kembali ke peran kerajaan mereka, dan akan melepaskan gelar kehormatan militer serta hak-hak perlindungan kerajaan yang mereka miliki.

6.Pangeran Archie (lahir pada 2019)

Pangeran Archie adalah anak pertama dari Pangeran Harry dan Meghan Markle yang lahir pada 6 Mei 2019.

Meski tidak otomatis menjadi pangeran saat lahir, Archie masih mendapatkan hak atas gelar itu saat Raja Charles naik takhta.

7. Putri Lilibet
Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, yang lahir pada tanggal 4 Juni 2021, mendapatkan namanya dari nama panggilan keluarga kerajaan untuk sang ratu dan adalah cicit ke-11 dari ratu tersebut.

Mirip dengan saudara laki-lakinya, dia berhak atas gelar kerajaan ketika kakeknya, Charles, naik takhta sebagai raja.

8.Pangeran Andrew (The Duke of York, lahir pada 1960)

Pangeran Andrew, yang menempati urutan kedelapan dalam garis suksesi tahta, merupakan anak ketiga dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Saat menikahi Sarah Ferguson pada tahun 1986, ia diberi gelar Duke of York, sementara istrinya menjadi Duchess of York.

Mereka dikaruniai dua putri, Beatrice lahir pada tahun 1988 dan Eugenie pada tahun 1990, namun kemudian bercerai pada tahun 1996.

Selama 22 tahun, Duke of York menjalankan tugasnya di Royal Navy dan ikut serta dalam perang Falklands pada tahun 1982.

Baca Juga :   Pangeran William Tuduh Harry Lebih Pentingkan Popularitas

Di samping menjalankan tugas-tugas kerajaan, ia juga pernah menjabat sebagai utusan perdagangan khusus untuk pemerintah hingga tahun 2011.

Pangeran Andrew mengundurkan diri dari tugas-tugas kerajaan pada tahun 2019 setelah sebuah wawancara dengan BBC terkait hubungannya dengan pemodal asal Amerika Serikat, Jeffrey Epstein, menimbulkan kontroversi.

9.Putri Beatrice (lahir pada 1988)

Putri Beatrice adalah putri sulung dari Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson. Ia memiliki gelar Her Royal Highness Princess Beatrice of York yang membuatnya masuk dalam daftar pewaris takhta Kerajaan Inggris.

10.Sienna Elizabeth Mapeli Mozzi (lahir pada 2021)
Di urutan ke-10 ada Putri Beatrice, anak perempuan dari Sienna Elizabeth yang lahir pada September 2021.

11.Putri Eugenie (lahir pada 1990)
Pangeran Andrew dan Sarah. Ia mendapat gelar Royal Highness Princess Eugenie of York dan berada di urutan ke-11 pewaris takhta.

12.August Philip Hawke Brooksbank (lahir pada 2021)
Setelah menikah dengan Jack Brooksbank, Putri Eugenie melahirkan seorang anak laki-laki bernama August Philip Hawke Brooksbank pada 9 Februari 2021.

Ia adalah cicit kesembilan Ratu Elizabeth II yang mendapat hak sebagai pewaris takhta Kerajaan Inggris.

13.Pangeran Edward (The Duke of Edinburgh, lahir pada 1964)

Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-59, Pangeran Edward dianugerahi gelar Duke of Edinburgh.

Gelar yang hampir dua tahun sebelumnya dipegang oleh ayahnya, Pangeran Philip, sebelum wafat.

Istri Pangeran Edward, Sophie, mendapat gelar Duchess of Edinburgh, sedangkan gelar sebelumnya yang dipegang Pangeran Edward, yaitu Earl of Wessex, kini diberikan kepada putranya, James Viscount Severn.

14. Earl of Wessex James (lahir pada 2007)
James, Earl of Wessex adalah anak bungsu dari Duke dan Duchess of Edinburgh yang diberi gelar setelah ayahnya, Pangeran Edward menjadi Duke of Edinburgh pada Maret 2023.

Saat lahir, James diberi gelar Viscount Severn, sebuah gelar sebagai anak dari seorang earl daripada memakai gelar pangeran.

Orangtuanya diprediksi buat keputusan ini untuk menghindari beberapa beban gelar kerajaan.

15.Lady Louise (lahir pada 2003)
Lady Louise adalah anak tertua dari Duke dan Duchess of Edinburgh yang lahir pada 2003.

Meski menjadi yang tertua, ia berada di urutan bawah adik laki-lakinya dalam garis suksesi karena lahir sebelum undang-undang diberlakukan yang menghapus sistem yang berarti seorang putra bungsu dapat menggantikan putri yang lebih tua.

16.Putri Anne

Putri Anne, putri tunggal dan anak kedua dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, awalnya menempati posisi ketiga dalam garis suksesi tahta namun kini berada di urutan ke-16.

Baca Juga :   Kakak Sebut Meghan Markle Dibutakan Uang dan Popularitas

Pada Juni 1987, ia dianugerahi gelar Princess Royal.

Putri Anne pertama kali menjadi istri Kapten Mark Philips yang dikaruniai dua anak, Peter dan Zara. Kemudian, ia menikah dengan Vice-Admiral Timothy Laurence.

Sebagai anggota keluarga kerajaan pertama yang menggunakan nama belakang Mountbatten-Windsor di dokumen resmi, hal ini terjadi saat pernikahannya dengan Kapten Philips.

Putri Anne juga dikenal karena partisipasinya dalam olahraga berkuda mewakili Inggris Raya pada Olimpiade Montreal tahun 1976.

Selain itu, ia aktif dalam berbagai kegiatan amal, termasuk menjadi presiden Save the Children sejak tahun 1970.

17.Peter Philips (lahir pada 1977)

Peter Philips, cucu paling tua dari Ratu Elizabeth II, menikahi Autumn Kelly pada tahun 2008 dan mereka dikaruniai dua putri:

Savannah, lahir pada tahun 2010, dan Isla, yang lahir pada tahun 2012.

Anak-anak Putri Anne tidak memegang gelar kerajaan, mengikuti ketentuan bahwa gelar tidak diturunkan melalui garis keturunan perempuan.

Mark Philips pun menolak tawaran untuk dijadikan earl saat pernikahannya, sehingga kedua anaknya tidak berhak atas gelar.

Peter Philips dan Autumn Kelly mengakhiri pernikahan mereka dengan perceraian pada Februari 2020.

18.Savannah Philips (lahir pada 2010)
Savannah adalah putri sulung dari Peter dan Autumn Phillips. Ia merupakan cicit pertama dari Ratu Elizabeth II.

19.Isla Philips (lahir pada 2012)
Isla Philips adalah putri kedua dari Peter dan Autumn Philips yang lahir pada tahun 2012.

20. Zara Tindall (lahir pada 1981)

Zara Tindall mengikuti jejak kedua orang tuanya dengan menjadi atlet berkuda yang berhasil.

Dia meraih medali perak pada Olimpiade London 2012. Zara menikah dengan Mike Tindall, seorang mantan pemain rugby untuk tim nasional Inggris, pada tahun 2011, dan mereka menyambut anak pertama mereka, Mia Grace, pada tahun 2014.

Meskipun anak-anak Putri Anne tidak memiliki gelar kerajaan karena mereka merupakan keturunan dari lini perempuan, Zara masih menempati posisi ke-20 dalam urutan suksesi tahta.

21.Mia Grace Tindall (lahir pada 2014)
Mia Grace Tindall adalah anak perempuan pertama Zara Tindall yang lahir Januari 2014.

22.Lena Elizabeth Tindall (lahir pada 2018)
Lena Elizabeth Tindall adalah anak kedua dari Zara dan Mike yang lahir pada 18 Juni 2018.

Sama seperti saudaranya, ia tidak memiliki gelar kerajaan dan hanya akan dikenal sebagai Miss Tindall.

23.Lucas Philip Tindall (lahir pada 2021)
Lucas Philip Tindall adalah anak ketiga dari Zara dan Lucas Philips. Ia berada di posisi ke-23 sebagai pewaris takhta Kerajaan Inggris (tia)

.

MIXADVERT JASAPRO