UMKM Makin Melek Digital, 84 Persen Gunakan Platform Kursus Online untuk Tingkatkan Keahlian

Online Shop Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Mekari, perusahaan software as a service (SaaS), merilis hasil riset yang menunjukkan bahwa 84 persen UMKM di Indonesia kini memanfaatkan platform kursus online. Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis mereka.

Riset tersebut dilakukan terhadap 1.000 UMKM dari berbagai sektor industri di Indonesia. Hasil riset menunjukkan bahwa 54 persen UMKM menggunakan platform kursus online untuk meningkatkan keterampilan teknis, seperti keterampilan digital, keterampilan pemasaran, dan keterampilan keuangan. Sementara itu, 30 persen UMKM menggunakan platform kursus online untuk meningkatkan keterampilan non-teknis, seperti keterampilan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, dan keterampilan manajemen.

“UMKM di Indonesia semakin menyadari pentingnya digitalisasi dalam menjalankan bisnis mereka. Oleh karena itu, mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka agar dapat bersaing di era digital,” ujar Vice President of Brand Marketing Mekari, Aryana Jasiman.

Baca Juga :   Dorong Kemajuan, BRI Dukung UMKM Go Internasional

Aryana menambahkan bahwa platform kursus online menjadi solusi yang tepat bagi UMKM untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka. Platform kursus online menawarkan berbagai macam kursus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran UMKM. Selain itu, platform kursus online juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga memudahkan UMKM untuk belajar secara mandiri.

Baca Juga :   Bamsoet Dukung 'Sekolah Ekspor' Bagi Pelaku UMKM

Hasil riset Mekari menunjukkan bahwa penggunaan platform kursus online telah memberikan dampak positif bagi UMKM. UMKM yang menggunakan platform kursus online mengaku bahwa mereka dapat meningkatkan omzet bisnis mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga :   Pandemi Bukan Alasan untuk Tidak Produktif dan Kian Kreatif

“UMKM yang menggunakan platform kursus online memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dibandingkan dengan UMKM yang tidak menggunakan platform kursus online,” ujar Aryana.

Aryana berharap bahwa hasil riset Mekari dapat mendorong lebih banyak UMKM untuk memanfaatkan platform kursus online. Dengan begitu, UMKM dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka, sehingga dapat bersaing di era digital dan meningkatkan kesejahteraan mereka. (tia)

MIXADVERT JASAPRO