Berita  

Pasukan Israel Terus Gempur Khan Younis di Gaza Selatan, ICJ Putuskan Henti Serangan

Gaza

JagatBisnis.comPasukan Israel terus melancarkan serangan di Khan Younis, Gaza selatan, meskipun para hakim Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag akan memutuskan apakah Israel harus menghentikan serangan militernya pada Jumat ini.

Militer Israel mengonfirmasi “pertempuran intensif di jantung Khan Younis” dengan puluhan pejuang Hamas. Pasukan juga menargetkan Hamas di Gaza utara dan sepanjang garis pantai. Baku tembak berlanjut, dengan serangan menghantam gedung dan rumah di bagian barat kota.

Jumlah korban tewas mencapai 26.083 orang, dengan 183 kematian dalam 24 jam terakhir. Banyak yang dikhawatirkan terperangkap di bawah bangunan yang hancur. Perang yang telah berlangsung selama empat bulan ini telah membuat sebagian besar penduduk Gaza, 2,3 juta orang, mengungsi.

Baca Juga :   Malaysia Dukung Langkah Afrika Selatan Ajukan Israel ke ICJ Terkait Genosida di Gaza

ICJ akan memutuskan permintaan darurat Afrika Selatan atas tindakan terhadap Israel. Mereka menuduh Israel melakukan genosida di Jalur Gaza setelah serangan oleh pejuang Hamas pada Oktober 2023. Putusan ICJ, final dan tanpa banding, diharapkan pada pukul 1 siang.

Baca Juga :   Takut Data Diretas, Pasukan Khusus Inggris Dilarang Pakai TikTok

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor, menyatakan harapannya bahwa keputusan tersebut akan menyoroti penderitaan warga Palestina dan memperingatkan masyarakat internasional.

Baca Juga :   Israel Tolak Tuduhan Genosida, Afrika Selatan Ajukan Tindakan Darurat ke ICJ

Israel menolak tuduhan genosida dan menyebutnya “salah dan sangat menyimpang.” Mereka mengklaim berupaya untuk menghindari korban sipil. Meskipun ICJ tidak akan memutuskan dasar tuduhan, Afrika Selatan meminta perintah sementara agar Israel menghentikan operasi militer. Israel yakin ICJ akan “membatalkan tuduhan palsu ini,” sementara Hamas menyatakan kesiapannya mematuhi gencatan senjata jika Israel melakukannya.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO