Garuda Indonesia Lunasi Sebagian Utang, Prospek Pemulihan Membaik

JagatBisnis.com –  PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) berhasil menyelesaikan pelunasan sebagian atas surat utang dan sukuk sebesar USD 113,8 juta atau Rp 176 triliun. Pelunasan ini dilakukan melalui skema penawaran tender atau tender offer dengan total nilai pelaksanaan sebesar USD 49,9 juta atau Rp 77 triliun.

Pelunasan sebagian utang ini merupakan bagian dari langkah proaktif Garuda Indonesia untuk memastikan fundamental kinerja keuangan perusahaan tumbuh solid dan berkelanjutan. Hal ini juga diharapkan dapat memperbaiki struktur permodalan perusahaan untuk menjadi semakin sehat ke depannya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pelunasan utang ini juga merupakan representasi niat baik perusahaan dalam memastikan proses penyelesaian kewajiban terhadap para kreditur dapat berjalan semakin prudent.

Baca Juga :   Pemerintah Belum Lunasi Utang ke PLN sebesar Rp 60,66 Triliun

“Dengan indikator kinerja keuangan yang semakin membaik, termasuk posisi EBITDA serta rasio cash flow perusahaan, outlook pemulihan kinerja kami harapkan secara bertahap dapat terus berangsur membaik secara konsisten bertumbuh positif,” ujar Irfan.

Baca Juga :   Kurangi Biaya, Yenny Mundur Dari Komisaris Garuda

Garuda Indonesia mencatatkan pertumbuhan fundamental bisnis yang konsisten. Hal tersebut terefleksikan dalam capaian pendapatan usaha secara group hingga kuartal III 2023 sebesar USD 2,2 miliar, tumbuh 48,32 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Anggota Dewan Usulkan DPR Bentuk Pansus Garuda

Pertumbuhan pendapatan usaha Garuda Indonesia hingga kuartal III 2023 dihasilkan dari penerbangan berjadwal yang meningkat 49,02 persen (yoy) menjadi USD 1,72 miliar, penerbangan tidak berjadwal USD 274,25 juta, dan pendapatan lainnya mencapai USD 234,91 juta.

Dengan capaian kinerja keuangan yang semakin membaik, Garuda Indonesia optimistis dapat memenuhi kewajiban pelunasan utang lainnya yang akan jatuh tempo secara disiplin dan akuntabel. (tia)

MIXADVERT JASAPRO