Berita  

Iran Peringatkan AS Terkait Usulan Gugus Tugas Laut Merah, Klaim Dominasi di Wilayah

JagatBisnis.comMenteri Pertahanan Iran, Mohammad Reza Ashtiani, mengeluarkan peringatan keras terhadap usulan gugus tugas multinasional yang didukung oleh AS untuk melindungi pelayaran di Laut Merah. Pernyataan ini muncul setelah Amerika Serikat mengungkapkan pembicaraan dengan negara-negara lain untuk membentuk satuan tugas, sebagai respons terhadap serangan kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Baca Juga :   Iran lagi Dikejutkan Keluhan akibat Keracunan Massal Siswi Sekolah

Ashtiani, dalam komentarnya kepada Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA), menyatakan bahwa jika tindakan yang tidak rasional diambil, mereka akan menghadapi “masalah luar biasa.” Ia menekankan bahwa tidak ada yang dapat mengambil tindakan di wilayah yang dikuasai Iran, khususnya Laut Merah.

Menteri Pertahanan Iran tidak merinci tindakan spesifik yang akan diambil sebagai respons terhadap pembentukan satuan tugas Laut Merah yang didukung oleh AS. Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, menyatakan bahwa pembicaraan sedang berlangsung dengan negara-negara lain untuk membentuk “satuan tugas maritim” guna memastikan perjalanan kapal yang aman di Laut Merah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca Juga :   Pastikan AS Tidak Terlibat dalam Pemberontakan Wagner

(tia)

MIXADVERT JASAPRO