Tiktok Shop Kembali Beroperasi di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya

TikTok Shop! Foto: Grid.ID

JagatBisnis.com –  Tiktok Shop akhirnya kembali beroperasi di Indonesia setelah ditutup pada Oktober 2023 lalu. Namun, kali ini TikTok Shop tidak beroperasi sebagai e-commerce mandiri, melainkan bekerja sama dengan Tokopedia.

Melalui kerja sama ini, TikTok akan menjadi sarana promosi produk-produk yang dijajakan di Tokopedia. Pengguna TikTok dapat melihat produk-produk yang dijual di Tokopedia melalui aplikasi TikTok. Jika tertarik, pengguna dapat langsung membeli produk tersebut di Tokopedia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), pada Selasa (12/12). Menurut Zulhas, izin e-commerce tetap dimiliki oleh Tokopedia. TikTok hanya berperan sebagai sarana promosi.

Baca Juga :   OKINO Segera Hadir di Indonesia

“Ya gak bisa dong TikTok jualan, kan Tokopedia yang jualan,” kata Zulhas.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menambahkan, TikTok tidak mengajukan izin usaha baru sebagai e-commerce, namun izin lama, sebagai social commerce.

“TikTok itu izinnya social commerce,” kata Isy.

Isy bilang, usai diterbitkannya Permedag 31/2023 pemerintah sempat memberikan dua pilihan kepada TikTok, mengurus perizinan e-commerce atau mengurus perizinan sebagai social commerce namun dengan menggandeng e-commerce lain.

Baca Juga :   Jejak Rizieq Selama 3 Tahun di Arab Saudi Diungkap

Kerja sama kemitraan strategis antara TikTok dengan Tokopedia saat ini masih dalam tahap uji coba. Selama tiga atau empat bulan ke depan, pemerintah akan memantau proses kerja sama tersebut. Jika TikTok dan Tokopedia patuh terhadap peraturan, maka semua transaksi akan dilakukan di Tokopedia setelah masa uji coba selesai.

Kerja sama antara TikTok dan Tokopedia ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. TikTok dapat memanfaatkan basis penggunanya yang besar untuk mempromosikan produk-produk Tokopedia. Sementara itu, Tokopedia dapat menjangkau pengguna TikTok yang belum pernah berbelanja online sebelumnya.

Baca Juga :   Perkuat Hubungan Bilateral, Australia Diajak Kembangkan Sorgum di NTT

Berikut adalah beberapa hal menarik dari kerja sama antara TikTok dan Tokopedia:

  • Ini adalah kali pertama TikTok bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia.
  • Kerja sama ini dapat menjadi peluang bagi TikTok untuk masuk ke pasar e-commerce Indonesia.
  • Kerja sama ini juga dapat menjadi peluang bagi Tokopedia untuk menjangkau pengguna TikTok yang belum pernah berbelanja online sebelumnya.

Kita tunggu saja bagaimana perkembangan kerja sama antara TikTok dan Tokopedia ke depannya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO