Empat Awak Pesawat Tucano TNI AU Gugur di Lereng Gunung Bromo

Ilustrasi jenazah

JagatBisnis.com Dua pesawat latih TNI AU jenis Super Tucano jatuh di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11). Empat awak pesawat yang terdiri dari dua pilot dan dua instruktur gugur dalam peristiwa tersebut.

Pesawat TT-3111 yang membawa Letkol Sandhra Gunawan dan Kolonel ADM Widiono jatuh di Desa Pakis, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Sementara itu, pesawat TT-3103 yang membawa Mayor Penerbang Yuda A Sutha dan Kolonel Penerbang Subhan jatuh di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

Kedua pesawat tersebut dilaporkan jatuh sekitar pukul 10.00 WIB. Penyebab jatuhnya pesawat masih dalam penyelidikan.

Baca Juga :   Keren, 14 Pesawat Tempur Bentuk Formasi 77 di Langit Jakarta

Proses evakuasi jenazah para awak pesawat berlangsung dramatis. Jenazah Letkol Sandhra Gunawan dan Kolonel ADM Widiono berhasil dievakuasi terlebih dahulu pada pukul 14.45 WIB. Jenazah Mayor Penerbang Yuda A Sutha dan Kolonel Penerbang Subhan berhasil dievakuasi pada pukul 16.00 WIB.

Evakuasi jenazah dilakukan dengan berjalan kaki selama tiga jam melewati tiga jurang dan tiga bukit. Proses evakuasi sempat terhambat karena cuaca yang buruk.

Kabar jatuhnya pesawat TNI AU ini pun menggemparkan masyarakat. Banyak warga yang datang ke lokasi kejadian untuk melihat langsung puing-puing pesawat.

Peristiwa jatuhnya pesawat TNI AU ini merupakan yang kedua kalinya terjadi di wilayah Jawa Timur dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Sebelumnya, pada 27 Oktober 2023, pesawat latih TNI AU jenis T-50i Golden Eagle jatuh di Blora, Jawa Tengah. Empat awak pesawat tersebut juga gugur dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga :   Latihan Pengisian Bahan Bakar di Udara Angkatan Udara Australia dan TNI AU

Peristiwa Tragis, 4 Awak TNI AU Gugur di Lereng Gunung Bromo

Pasuruan, 16 November 2023 – Peristiwa jatuhnya dua pesawat latih TNI AU jenis Super Tucano di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11), menjadi peristiwa tragis yang menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan masyarakat.

Empat awak pesawat yang terdiri dari dua pilot dan dua instruktur gugur dalam peristiwa tersebut. Mereka adalah:

  • Letkol Sandhra Gunawan, pilot pesawat TT-3111
  • Kolonel ADM Widiono, instruktur pesawat TT-3111
  • Mayor Penerbang Yuda A Sutha, pilot pesawat TT-3103
  • Kolonel Penerbang Subhan, instruktur pesawat TT-3103
Baca Juga :   Tentara Prancis Gugur dalam Pertempuran Berkepanjangan melawan ISIS di Irak

Keempat awak pesawat merupakan prajurit TNI AU yang berpengalaman dan memiliki dedikasi tinggi. Mereka gugur saat tengah menjalankan tugas negara.

Peristiwa jatuhnya pesawat TNI AU ini menjadi pukulan telak bagi TNI AU. TNI AU akan melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Peristiwa ini juga menjadi peringatan bagi TNI AU untuk meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan dalam penerbangan.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO