Ini Pesan Jokowi di KTT OKI

Presiden Jokowi Foto: CNBC Indonesia

JagatBisnis.com –  Presiden Jokowi menyerukan gencatan senjata di Gaza. Kondisi wilayah Palestina yang dikuasai kelompok Hamas itu hancur akibat serangan Israel.

Jokowi baru menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Arab Saudi pada akhir pekan lalu. Pemimpin negara berpenduduk Islam yang tergabung di OKI membahas memburuknya situasi Gaza.

“Saat KTT, saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina,” kata Jokowi dalam keterangannya di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/10).

Baca Juga :   Ini yang Dibahas Jokowi saat Bertemu PM Inggris

Dalam KTT Luar Biasa OKI, Jokowi mengajak negara anggota untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi Palestina.

“Gencatan senjata harus segera diwujudkan. Bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbayak. Perundingan damai harus segera dimulai. Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran,” ujarnya.

Baca Juga :   Pamannya Meninggal, Jokowi Terbang ke Solo Pagi Ini

“Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang dilakukan,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, hasil KTT Luar Biasa OKI akan disampaikan kepada Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan yang akan digelar di Gedung Putih hari ini waktu setempat.

“Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari, di mana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia,” pungkasnya.

Baca Juga :   Jenguk Luhut di Singapura, Jokowi: Kondisinya Makin Membaik

Saat ini serangan Israel di Gaza menewaskan belasan ribu penduduk. Kementerian Kesehatan Gaza mengungkap bahwa mayoritas korban jiwa adalah anak dan perempuan.

Pertempuran saat berkecamuk di sekitar RS di Gaza yang sudah lumpuh dan tak bisa merawat pasien serta bayi baru lahir. (tia)

MIXADVERT JASAPRO