Berita  

Rusia Tarik Diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa, NATO dan Amerika Serikat

Ilustrasi tentara Rusia Foto Anadolu Agency

JagatBisnis.com – Keputusan Rusia untuk menarik diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa (CFE) pada tanggal 7 November 2023 telah mendapat reaksi keras dari sekutu NATO. Perjanjian CFE adalah sebuah perjanjian penting pasca-Perang Dingin yang membatasi kategori-kategori utama angkatan bersenjata konvensional di Eropa.

Baca Juga :   Pemimpin Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin Diduga Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Sekutu NATO, termasuk Amerika Serikat, mengutuk keputusan Rusia ini dan menganggapnya sebagai tindakan yang merusak keamanan Euro-Atlantik. Mereka juga menyatakan bahwa tindakan Rusia yang agresif terhadap Ukraina bertentangan dengan tujuan Perjanjian CFE.

Sebagai respons terhadap tindakan Rusia, sekutu NATO telah memutuskan untuk menangguhkan pengoperasian Perjanjian CFE sesuai dengan hak-hak mereka berdasarkan hukum internasional. Amerika Serikat sendiri telah menyatakan niatnya untuk menangguhkan kewajiban perjanjian yang berlaku mulai 7 Desember.

Baca Juga :   Kronologi Jatuhnya MQ-9 Milik Rusia dan AS

Tindakan Rusia ini juga dianggap “mengubah secara mendasar” keadaan terkait Ukraina, dan hal ini akan mempengaruhi kewajiban para peserta perjanjian tersebut. Meskipun Rusia telah mengabaikan pengendalian senjata dalam beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya tetap berkomitmen untuk menjaga pengendalian senjata konvensional yang efektif.(tia)

MIXADVERT JASAPRO