Lazismu: Berdonasi untuk Palestina Lebih Baik Dari Aksi Boikot

JagatBisnis.com –  Lazismu terus mendapatkan kepercayaan dari para donatur untuk menyalurkan bantuan bagi rakyat Palestina. Setelah bantuan tahap satu di kirimkan ke jalur Gaza, awal November lalu. Lazismu masih terus menggalang donasi untuk Palestina. Bantuan diterima dari berbagai pihak, baik perorangan, komunitas dan organisasi hingga perusahaan. Salah satunya, Danone Indonesia juga ikut peduli memberikan donasi.

Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Ahmad Imam Mujadid Rais menjelaskan, tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina telah menyita perhatian seluruh dunia. Hingga saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa RendangMu dan Family Kit kepada rakyat Palestina.

“Kita tahu bersama beberapa waktu lalu Indonesia melakukan gerakan solidaritas di Jakarta yang juga dilakukan oleh masyarakat seluruh dunia sebagai bentuk solidaritas,” kata Rais saat menerima donasi dari Danone Indonesia untuk Palestina, di kantor Lazismu, Gedung PP Muhammadyah, Jakarta, Selasa (7/11/2023). Dalam kesempatan itu, Danone Indonesia menyerahkan donasi secara langsung, dimana pendistribusiannya seluruhnya diamanahkan ke Lazismu.

Baca Juga :   Lazismu Pusat Siap Suport Prodi MZW UMJ

Mengenai berbagai bentuk aksi solidaritas terhadap Palestina, Rais menghimbau agar ummat membantu sesuai dengan kemampuannya masing-masing. “Yang mampu menyumbang dalam bentuk materi, silakan berdonasi. Tapi kalau kita sanggup memberikan tenaga, bisa menjadi relawan di Rafah,” ujar Rais.

Baca Juga :   Lazismu Pusat Siap Suport Prodi MZW UMJ

Meski demikian, Rais tetap mengingatkan masyarakat agar berhati-hati menyikapi aksi solidaritas, terutama ajakan boikot. Sebab, bisa saja hal tersebut merugikan bangsa dan ekonomi ummat.

“Kita tidak tahu di balik jejaring ekonomi di satu produk, ternyata di situ banyak sekali sumber daya manusia saudara-saudara kita di tanah air,” imbuhnya Rais.

Sementara itu, Corporate Communication Director Danone Aqua, Arif Mujahidin menambahkan, kontribusi yang dilakukan pihaknya semata-mata untuk kemanusiaan. Apalagi, pihaknya terus berkomitmen untuk turut membantu ekonomi, sosial dan kesehatan bangsa. Karena itu, Danone melalui produk Aqua jelas mendukung Indonesia bukan yang lain.

“Danone Indonesia, telah lama hadir di Indonesia. Bertujuan membangun kesehatan masyarakat melalui produk nutrisi dan hidrasi. Selain itu, berbagai kegiatan sosial ekonomi yang membawa manfaat bagi masyarakat dan usaha kecil menengah pun gencar dilakukan,” paparnya.

Baca Juga :   Lazismu Pusat Siap Suport Prodi MZW UMJ

Terkait seruan boikot, lanjut Arif, pihaknya tidak ada hubungannya dengan Israel atau Yahudi. Namun, orang selalu mengaitkan Aqua dengan Danone, perusahaan multinasional asal Prancis yang memiliki banyak merek produk makanan dan minuman.

“Kami membantah keterlibatan kami dengan mendukung Israel. Kami mengimbau masyarakat lebih baik membantu dengan donasi, dari pada memboikot. Karena boikot dapat menimbulkan fitnah dan menzalimi UMKM,” tutup Arif. (eva)

MIXADVERT JASAPRO