Berita  

Penderita Cacar Monyet Diimbau Konsumsi Jamu Herbal sebagai Pendukung Penyembuhan

Jamu Herbal

JagatBisnis.comPerkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menganjurkan penderita cacar monyet (Mpox) untuk mempertimbangkan penggunaan jamu herbal sebagai pendukung proses penyembuhan. Cacar monyet, yang disebabkan oleh virus dalam genus Orthopoxvirus dan famili Poxviridae, merupakan jenis infeksi virus yang cenderung sembuh dengan sendirinya jika didukung oleh daya tahan tubuh yang baik.

Baca Juga :   Cacar Monyet Sudah Terdeteksi di Indonesia

Menurut Ketua Umum PDPOTJI, Inggrid Tania, jamu herbal yang memiliki sifat imunostimulan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Banyak herbal Indonesia yang memiliki sifat imunostimulan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bumbu-bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan.

Inggrid Tania menjelaskan bahwa beberapa herbal yang bermanfaat dalam kasus cacar monyet termasuk meniran, sambiloto, temulawak, kunyit, jahe, pegagan, dan bawang putih, yang semuanya memiliki sifat imunostimulan. Jamu herbal dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari sebelum makan. Bagi mereka yang memiliki masalah lambung, disarankan untuk mengonsumsi jamu setelah makan.

Baca Juga :   Waspada Cacar Monyet, Bandara Soekarno-Hatta Perketat Pemeriksaan

Untuk membuat jamu herbal ini di rumah, bahan-bahan herbal harus dicuci hingga bersih dan digeprek sebelum direbus dalam air mendidih selama 10 hingga 15 menit. Bahan-bahan tersebut dapat dicampur untuk menciptakan variasi rasa. Sebagai tambahan, pemanis seperti gula merah, madu, atau perasan jeruk nipis juga bisa ditambahkan sesuai selera.

Baca Juga :   Cacar Monyet Kemungkinan Sudah Ada di Indonesia, namun Belum Terdeteksi'

(tia)

MIXADVERT JASAPRO