Berita  

Ketegangan Cina dan Rusia Terhadap Amerika Serikat Muncul di Forum Keamanan di Beijing

Zhang Youxia Foto

JagatBisnis.com – Panglima militer Cina dan Rusia telah mengkritik Amerika Serikat di forum keamanan di Beijing pada Senin, 30 Oktober 2023. Meskipun demikian, komandan militer Cina kedua tertinggi berjanji untuk meningkatkan hubungan pertahanan dengan Washington.

Kurangnya komunikasi rutin antara militer AS dan Cina telah menjadi sumber kekhawatiran bagi Washington, terutama dalam menghadapi ketegangan di Laut Cina Selatan dan sekitar Taiwan.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, memperingatkan negara-negara Barat mengenai bahaya eskalasi konflik dengan Rusia dan memuji model hubungan Rusia-Cina sebagai “teladan”. Shoigu juga mengatakan bahwa Barat bermaksud memberikan “kekalahan strategis” pada Rusia dalam “perang hibrida.”

Baca Juga :   AS Balik Tembak Jatuh Benda Misterius di Langit Kanada

Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Cina, Zhang Youxia, menyampaikan kritik terselubung terhadap Amerika Serikat dan sekutunya, sambil menekankan perlunya peningkatan hubungan militer dengan AS.

Baca Juga :   Drone Serang Pusat Bisnis di Rusia

Meskipun adanya ketegangan, Cina dan AS telah meningkatkan komunikasi dalam persiapan pertemuan puncak antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jinping bulan depan.

Baca Juga :   Rusia Dituding Curi Gandum dan Menjualnya ke Luar Negeri

Terlepas dari upaya perdamaian dalam hubungan Cina-AS, perwira militer Cina tidak menunjukkan sikap yang lebih lunak terhadap isu-isu sensitif seperti Taiwan.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO