Berita  

Festival Indonesia di Gwanghwamun Square: Mempererat Hubungan Indonesia-Korea Selatan

Festival Indonesia di Gwanghwamun Square Foto Farah.ID

JagatBisnis.comKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul mengadakan Festival Indonesia di Gwanghwamun Square sebagai bagian dari peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan dengan tagline “closer friendship – stronger partnership”.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Seoul, Gogot Suharwoto, menjelaskan bahwa acara ini memiliki empat tujuan utama. Pertama, pengenalan budaya, yang mencakup pertunjukan dari Korea Selatan dan Indonesia. Kedua, promosi produk lokal Indonesia, seperti fashion dan makanan khas, untuk meningkatkan ekspor produk. Ketiga, menciptakan kontak antarindividu, dengan warga negara Korea Selatan dan WNI hadir bersama. Keempat, memperkenalkan literatur Indonesia melalui dua buku, yakni tentang Presiden RI Joko Widodo dan Pancasila.

Gogot menjelaskan bahwa lokasi Gwanghwamun Square dipilih karena dinilai paling strategis. Selama 50 tahun KBRI berada di Korea Selatan, belum pernah diadakan acara di lokasi seprestisius ini. Gwanghwamun dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh WNA yang datang ke Korea Selatan.

Baca Juga :   Indonesia Berikan Bantuan Kemanusiaan untuk Sri Lanka

Pada penyelenggaraan Festival Indonesia pada 28 September 2023, hadir sekitar 4.500 orang, sedangkan pada puncak acara pada 29 September 2023 diperkirakan akan dihadiri oleh 7 ribu orang. Lebih dari seribu penonton diperkirakan adalah warga negara Korea Selatan. Acara ini diselenggarakan saat hari libur kerja dengan harapan WNI yang bekerja di Korea Selatan dapat menghadiri acara tersebut.

Baca Juga :   Korea Selatan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Festival Indonesia merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul di tiga kota, yaitu Busan, Ansan, dan Seoul. Pendanaan acara ini melibatkan sponsor, anggaran dari KBRI, dan partisipasi UMKM yang ingin memiliki booth di Festival Indonesia. Banyak pengisi acara yang juga datang dengan biaya sendiri. Persiapan Festival Indonesia 2023 dimulai sejak Januari 2023.

Baca Juga :   Mengamuk di Jepang, Topan Khanun Kini Bergerak Menuju Korea Selatan

Gogot mengakui bahwa masih sedikit warga negara Korea Selatan yang memahami Bahasa Indonesia, dan belum ada saluran TV Indonesia yang dapat diakses di Korea Selatan seperti yang ada untuk negara-negara seperti Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Oleh karena itu, Festival Indonesia diadakan untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan meningkatkan kecintaan masyarakat Korea Selatan terhadap Indonesia.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO