Presiden Jokowi Akan Resmikan Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) pada 26 September 2023

presiden Jokowi foto : https://kumparan.com/

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri peresmian Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) pada Selasa, 26 September 2023. Proses peresmian ini akan berlangsung dari pukul 09.27 hingga 09.30 di main hall Bursa Efek Indonesia (BEI).

Acara peluncuran IDXCarbon akan dihadiri oleh sejumlah menteri, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Ketua berbagai Komisi DPR, serta BEI sebagai penyelenggara bursa karbon.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin usaha penyelenggaraan bursa karbon kepada BEI. Keputusan izin usaha tersebut diberikan pada tanggal 18 September 2023, sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon dan Surat Edaran OJK Nomor 12/SEOJK.04/2023 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Baca Juga :   Pamannya Meninggal, Jokowi Terbang ke Solo Pagi Ini

IDXCarbon telah menyiapkan empat mekanisme perdagangan setelah berdirinya bursa karbon, yaitu Pasar Reguler, Pasar Lelang, Pasar Negosiasi, serta Marketplace.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Sampaikan Enam Fokus APBN 2022

Peluncuran IDXCarbon ini merupakan langkah penting dalam upaya Indonesia untuk mengembangkan perdagangan karbon dan berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim secara global. Bursa karbon akan memungkinkan perusahaan dan entitas lain untuk membeli dan menjual kredit karbon, yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung upaya mitigasi perubahan iklim.

Baca Juga :   Respons Jokowi terkait KKB Minta Tebusan Rp5 Miliar untuk Pilot Susi Air

(tia)

MIXADVERT JASAPRO