Angka Kematian Ibu Hamil di Daerah Ini Menurun

Ibu Hamil Foto: Infokost

JagatBisnis.com Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen, meminta agar program One One Solution dalam pelayanan untuk ibu hamil tetap fokus dan dilaksanakan sebaik mungkin.

Program yang diciptakan pemerintah sebagai intervensi agar angka kematian ibu di Kabupaten Sitaro menurun tersebut, terbukti telah berhasil menurunkan angka kematian ibu pada tahun 2022 lalu.

Dari data yang ada, angka kematian di tahun 2022 hanya ada satu orang, turun jauh dibandingkan tahun 2021 yang mencapai enam orang. Untuk itu menurut Evangelian, program tersebut penting untuk dipertahankan dan terus dimaksimalkan.

Baca Juga :   Pemberian Antivirus pada Ibu Hamil Bantu Cegah Penularan Hepatitis B ke Bayi

“Angka kematian ibu turun karena intervensi dan peningkatan pelayanan dari Pemerintah Daerah pada ibu hamil. Untuk itu program one one solution atau satu tenaga kesehatan atau kader bertanggung jawab atas satu ibu hamil perlu untuk terus dilakukan dengan maksimal,” tutur Evangelian.

Baca Juga :   Ini Alasan, Pentingnya Cek USG Bagi Ibu Hamil

Menurutnya, peran pemerintah sangat menentukan pada capaian penurunan kasus kematian ibu. Maka dari itu pendekatan secara holistik dibutuhkan untuk menekan kasus angka kematian ibu tersebut.

Diakuinya, jika pemerintah semakin tanggap pada permasalahan ini, maka tujuan dari program bisa dicapai.

“Tentunya, perlu juga dukungan mekanisme pencatatan peristiwa kasus itu, sehingga dapat membantu pemerintah dalam menentukan langkah atau kebijakan yang sesuai permasalahan yang ada,” katanya.

Baca Juga :   Ini yang Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Kopi

“Dan penurunan angka kematian ibu dan anak menjadi salah satu tolak ukur untuk kemajuan suatu daerah. Tak hanya dari aspek ekonomi dan pendidikan, penurunan angka kematian ibu dan bayi juga menjadi bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya lagi. (tia)

MIXADVERT JASAPRO