Berita  

Drone Rusia Jatuh di Rumania Selama Serangan di Pelabuhan Ukraina

Drone

JagatBisnis.comJuru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina mengumumkan bahwa drone Rusia jatuh dan meledak di wilayah Rumania selama serangan semalam terhadap infrastruktur pelabuhan Ukraina di Sungai Danube. Insiden ini memiliki dampak yang signifikan mengingat Rumania adalah anggota aliansi militer NATO.

Menurut Oleg Nikolenko, pejabat Ukraina, serangan besar-besaran Rusia di dekat pelabuhan Izmail menyebabkan drone “Shahed” buatan Iran jatuh di wilayah Rumania. Ini menjadi bukti tambahan bahwa ancaman rudal Rusia bukan hanya terbatas pada keamanan Ukraina tetapi juga mengancam keamanan negara-negara tetangga, termasuk negara-negara anggota NATO.

Shahed adalah rudal buatan Iran yang, menurut Ukraina dan Barat, sering digunakan oleh Rusia. Namun, baik Moskow maupun Teheran membantah klaim tersebut. Sumber industri Ukraina juga melaporkan bahwa dua drone Rusia jatuh di sisi Sungai Danube di wilayah Rumania.

Baca Juga :   Sebuah Helikopter Diduga Jatuh di Perkebunan Teh Ciwidey, Bandung

Selain insiden di Rumania, unit pertahanan udara Ukraina melaporkan berhasil menembak jatuh 17 kendaraan udara tak berawak (UAV) Rusia di wilayah Odessa pada malam Minggu hingga Senin dini hari. Serangan drone Rusia di wilayah Odessa berlangsung selama 3,5 jam dan menyebabkan kerusakan pada beberapa pemukiman, termasuk gudang, fasilitas produksi, mesin pertanian, dan peralatan industri.

Baca Juga :   Seorang Wanita Jatuh dari Lantai 18 di Hotel Makassar Diduga Pelajar SMA

Pecahan drone yang jatuh juga menyebabkan beberapa kebakaran di objek sipil, yang berhasil dipadamkan oleh tim penyelamat. Layanan darurat terus bekerja di lokasi kejadian, dan aparat penegak hukum mendokumentasikan serangan yang dilakukan oleh pasukan Rusia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO