Kepengurusan Masjidil Haram dan Nabawi Dirombak, Bagaimana Syeikh Sudais?

Masjidil Haram Foto: CNN Indonesia

JagatBisnis.com – Raja Salman merombak organisasi kepengurusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dua masjid suci utama umat Islam yang berlokasi di Arab Saudi. Selama ini, Syeikh Abdurrahman As-Sudais memimpin dua masjid suci itu.

Jabatan Syeikh Sudais, ulama terkemuka yang terkenal dengan bacaannya yang merdu dalam melantunkan ayat-ayat Al-Quran, sebelumnya adalah Kepala Kepresidenan Urusan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dengan posisi setara menteri ini, Syeikh Sudais mengelola semua urusan A-Z dua masjid yang terletak di Makkah dan Madinah itu.

Sekarang, setelah perombakan, Syeikh Sudais yang juga bertugas sebagai imam dan khatib ini mendapat posisi Kepala Kepresidenan Urusan Agama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Pangkat ini setara menteri.

Baca Juga :   Buntut Jemaah Umrah Terlantar, Raja Salman Pecat Kepala Bandara King Abdulaziz Jeddah

Sedangkan kepresidenan yang sebelumnya Syeikh Sudais pimpin bertransformasi menjadi Otorita Umum Urusan Pemeliharaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Mengutip Saudi Gazette, Rabu (9/8), Raja Salman menunjuk Menteri Haji dan Umrah Dr Tawfiq Al-Rabiah memimpin lembaga baru itu. Jabatan Tawfiq — yang juga pernah menjadi Menkes ini — adalah chairman dewan direksi otorita.

Baca Juga :   Raja Salman Temukan Harta Karun di Wilayah Kerajaan

Penunjukan dua pejabat itu tertuang dalam keputusan kerajaan yang dikeluarkan oleh Raja Salman menyusul keputusan Dewan Menteri pada Selasa (8/8) untuk menetapkan kepresidenan dan otorita sebagai dua badan independen. Kedua entitas tersebut secara organisasional berhubungan langsung dengan Raja.

Di posisi baru tersebut, Syeikh Sudais akan fokus pada masalah keagamaan. Misalnya, bertanggung jawab terkait urusan imam dan muazin di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah keagamaan, termasuk kelas-kelas pendidikan agama Islam yang diadakan di dua masjid tersebut.

Baca Juga :   Raja Salman Sakit, MbS Jadi Raja Tanpa Mahkota

Sedangkan otorita yang dipimpin oleh Tawfiq Al-Rabiah mendapat fasilitas finansial dan administrasi yang mandiri. Otorita akan melakukan tugas khusus, layanan, operasi, pemeliharaan dan pengembangan yang berkaitan dengan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. (tia)

MIXADVERT JASAPRO