Mengenang Sarwono Kusumaatmadja Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan

JagatBisnis.comSarwono Kusumaatmadja yang meningggal dunia di Penang, Malaysia,
26 Mei 2023 merupakan salah satu tokoh penting dan salah satu bapak pembangunan Indonesia bidang kelautan dan peikanan. Selain itu, juga merupakan tokoh bangsa yang semasa hidupnya memiliki keteladanan dan sederet prestasi serta pengalaman yang tidak mudah dilupakan.

Demikian dikatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam acara Mengenang Almarhum Sarwono Kusumaatmadja di Balroom Kementerian Kelautan dan Perikanan Gedung Mina Bahari III Jakarta, Minggu (30/7/2023).

Dia menjelaskan, karena Sarwono mengimplementasikan pengawasan lingkungan yang tujuannya untuk kelestarian alam. Selain itu, ia juga berperan dan berkontribusi dalam membentuk Undang Undang No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem
Pengabdian Sarwono kepada negara.

Baca Juga :   Kebijakan Penangkapan Terukur untuk Bitung Sentra Perikanan Dunia

“Hal itu sebagai contoh untuk generasi penerus sebagai warisan anak bangsa.
Maka, saya atas nama Kementrian Kelautan dan Perikanan memberikan penghargaan kepada keluarga besar Bapak Almarhum Sarwono Kusumaatmaja atas pengabdianya kepada Negara,” ungkap Trenggono.

Sementara itu, Mantan Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan di era Menteri Sarwono Kusumaatmaja, Sapta Nirwandar, menambahkan, Sarwono Kusumaatmaja merupakan seorang tokoh nasional yang sudah Malang melintang di dunia politik, dunia birokrasi termasuk dunia yang berkaitan dengan masyarakat. Selain dunia politik Sarwono juga seorang aktivis dengan banyak jabatan diemban seperti Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Birokrasi (Menpan RB) dan Kementerian lainnya di era presiden Soeharto dan terakhir menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) di era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Baca Juga :   KKP Edukasi Pengelola Hiu dan Pari Agar Perdagangan Sesuai Aturan

“Atas jasa dan pengabdianya tentunya memberikan inspirasi bagi generasi muda dan juga sekaligus kita dalam mengenang jasa-jasa beliau terhadap negara Republik Indonesia,” terang Sapta.

Baca Juga :   Rekor! PNPB KKP Mendekati Rp1 Triliun

Diketahui, Sarwono Kusumaatmadja lahir di Jakarta, pada 24 Juli 1943, meraih gelar insinyur dari ITB dan lulus tahun 1974. Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai anggota DPR-RI pada 1971-1988, dan menjadi Anggota MPR pada 1988. Sarwono juga pernah menjabat sebagai Sekjen Partai Golkar pada 1983-1988, menjadi Manggala BP-7 pada 1984 dan Ketua Persatuan Tenis seluruh Indonesia (PELTI) Bidang Organisasi pada 1986. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Umum Yayasan Bhakti Bangsa, serta berkesempatan menjadi anggota DPD-RI dari DKI Jakarta pada 2004. (eva)

MIXADVERT JASAPRO