Gelombang Panas Hantam AS

Ilustrasi Foto: SINDOnews

JagatBisnis.comPuluhan juta warga AS dihadapkan pada kombinasi suhu yang sangat panas dan kelembapan yang mencekik pada Jumat (28/7/2023) menyusul terpaan gelombang panas di bagian Midwest dan Pantai Timur. Suhu panas tersebut sudah diperkirakan bakal berlangsung sepanjang akhir pekan.

Lebih dari 175 juta orang di AS mendapatkan peringatan ancaman suhu panas berlebihan hingga setidaknya Sabtu (29/7/2023) sore. Layanan Cuaca Nasional (NWS) mencatat indeks panas tengah hari di banyak tempat bahkan melampaui 38 derajat Celsius.

Beberapa kota terbesar di negara tersebut, termasuk Chicago, New York, dan Philadelphia, terpaksa membuka pusat ruang pendingin di perpustakaan umum dan pusat komunitas bagi mereka yang tidak dapat menghindari suhu panas.

Baca Juga :   Ini Penyebab Hawa Panas di Jakarta

“Panas ekstrem bisa berbahaya bagi kesehatan, dan bahkan fatal,” kata Kota Boston di situs webnya setelah mengumumkan keadaan darurat panas.

Pejabat kota AS dan para ahli cuaca mengimbau masyarakat untuk menghindari cuaca panas karena berpotensi menyebabkan penyakit terkait panas, terutama bagi mereka yang bekerja atau berpartisipasi dalam aktivitas di luar ruangan, orang berusia 65 tahun ke atas, anak-anak, dan mereka yang menderita penyakit kronis.

“Minum banyak cairan, tinggal di ruangan ber-AC, jauhi sinar matahari, dan periksa kerabat dan tetangga,” kata NWS.

Di Philadelphia, di mana indeks panas bisa mencapai 42 derajat Celsius, petugas memperpanjang jam operasi kolam renang umum dan menyemprot air ke tanah pada Jumat dan Sabtu.

Baca Juga :   Pekan Ini, Prancis akan Alami Gelombang Panas Dini

Di New York City, di mana indeks panas mencapai 39 derajat Celsius, pejabat mengunggah video pengumuman layanan publik di media sosial mendesak pemilik untuk menjaga hewan peliharaan mereka terhidrasi dengan baik.

“Di luar sangat panas. Panas ekstrem seperti ini bisa berbahaya. Kita harus sangat strategis dalam memerangi ini,” kata Wakil Walikota New York City Philip Banks saat pengarahan keselamatan publik pada hari Jumat, memberitahu warga untuk memeriksa tetangga dan orang yang dicintai.

Operator jaringan listrik di seluruh negara mengumumkan peringatan cuaca panas pada minggu ini dan memberi tahu perusahaan energi untuk menunda pemeliharaan yang tidak perlu. Meskipun panas ekstrem, bagaimanapun, tidak ada operator jaringan AS yang mengambil tindakan lebih ekstrem.

Baca Juga :   Juli 2023 Jadi Bulan Terpanas di Dunia

Meningkatnya frekuensi dan intensitas cuaca buruk adalah gejala dari perubahan iklim global yang didorong oleh manusia yang memicu kondisi ekstrem, kata para ahli di lapangan, dengan gelombang panas di sebagian besar dunia diperkirakan akan bertahan hingga Agustus.

Bulan lalu adalah Juni terpanas yang tercatat di AS, sejak tahun 1850. Bulan itu juga menjadi Juni ke-47 berturut-turut dan bulan ke-532 berturut-turut dengan suhu di atas rata-rata abad ke-20, menurut layanan cuaca. (tia)

MIXADVERT JASAPRO