Ratusan Warga Mendadak Punya Hutang PNM

Ilustrasi hutang Foto: Pikiran-Rakyat.com

JagatBisnis.comKasus ratusan warga Desa Sukabakti, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi debitur PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memasuki babak baru.

Bupati Garut Rudy Gunawan menduga data warga sengaja dicatut untuk pengajuan pinjaman ke PNM.”Kita ingin hal ini tidak terjadi lagi. Oknumnya harus diperiksa,” kata Rudy, Senin (24/7/2023).

Bupati menilai, program PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) selama ini telah membantu banyak warga di Kabupaten Garut. Tujuan program itu untuk membantu membangun ekonomi keluarga.

Baca Juga :   Wakil Menteri BUMN II Berkunjung ke Co-Location Holding BUMN UMi Bogor

Selama ini, menurut Bupati, pinjaman PNM Mekaar diberikan kepada masyarakat melalui ketua kelompok. Masing-masing ketua kelompok itu mengakomodasi ibu rumah tangga untuk mendapatkan pinjaman hingga maksimal Rp5 juta per orang.

Saat masa pandemi COVID-19, peran ketua kelompok menjadi cukup sentral. Pasalnya, petugas dari PNM tak bisa langsung menemui masyarakat karena pandemi.

Baca Juga :   Stafsus Menteri BUMN, Arya Sinulingga Kunjungi Kantor Cabang PNM Pangkalpinang

“Sehingga PNM memercayakan ketua kelompok dengan dokumen yang ada,” terang Rudy.

Rudy menduga ketua kelompok mengajukan pinjaman ke PNM tanpa sepengetahuan warga. Ketika pinjaman itu cair, uangnya juga diduga tak disalurkan kepada warga.

“Dengan kasus ini, ada oknum yang mencoreng. Dia mengaku sebagai ketua kelompok, mengajukan kredit Mekaar saat pandemi. Karena ada keterbatasan dari PNM untuk melakukan supervisi, jadi pencairan diberikan kepada kelompok,” ungkapnya.

Baca Juga :   PT PNM Venture Capital Tetapkan Susunan Direksi Baru

Meskipun ada kasus tersebut, Bupati mengatakan, program PNM Mekaar di Kabupaten Garut harus tetap berjalan. Pasalnya, realisasi PNM Mekaar di Kabupaten Garut disebut telah menyasar sekitar 150 ribu warga.”Di Garut itu seperti ini sudah di atas 900 miliar. NPL (non-performing loan) di bawah satu persen. Secara umum itu bagus dan diapresiasi. Program ini bagus,” tandasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO