Pintu Timur Jakarta Internasional Stadium Dibuka Demi Piala Dunia U-17, Terhubung dengan Stasiun KRL

jakarta international stadium Foto: Suara.com

JagatBisnis.com –  Jakarta Internasional Stadium (JIS) akan membuat akses menuju stadion semakin mudah untuk mendukung Piala Dunia U-17. Jakpro (Perseroda) telah mengumumkan bahwa pintu di sisi timur stadion akan dibuka dan terhubung dengan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) JIS yang sedang dalam tahap penyelesaian. Stasiun KRL JIS sementara dijadwalkan akan beroperasi pada bulan November.

Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, menyatakan, “Stasiunnya itu KAI rencana mau membangun stasiun samping JIS persis, nah itu sebenarnya dishub sudah bangun sementaran peronnya sudah jadi, tinggal nunggu satu sisi lagi nunggu pengerjaan tiang Tol 2. Dari situ nanti begitu kolongnya selesai dishub akan lanjuti peron temporarynya, ditargetkan November udah beroperasi.”

Iwan juga menjelaskan bahwa akses dari sisi timur stadion akan dibuka melalui pintu di sebelah lapangan lari, yang langsung menghubungkan para penonton dengan rel kereta yang melintasi Jalan Martadinata.

Baca Juga :   Anies Berharap Jakmania Juga Ikut Jaga JIS

Selain itu, pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah sepakat untuk melakukan perbaikan di JIS agar stadion tersebut memenuhi persyaratan FIFA dan dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Perbaikan tersebut mencakup akses masuk, transportasi, dan penggantian rumput dengan total biaya sebesar Rp 6 miliar.

Baca Juga :   20 Ribu Kursi Penonton JIS Telah Terpasang

Iwan menegaskan bahwa Jakpro akan terus bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta PSSI untuk menyelesaikan perbaikan dalam waktu 3 bulan. Ia juga mengatakan, “Secepat mungkin (akan dimulai perbaikan). Tadi targetnya kan 3 bulan, Pak Menteri sudah sampaikan dikasih target 3 bulan. Kami bisa, upayakan akselerasi, harus kurang dari 3 bulan karena kan ada pengetesan dan lain-lain ya.”

Perbaikan ini telah mendapatkan alokasi anggaran yang telah dibagi-bagikan. Jakpro akan menghitung secara teknis untuk memastikan waktu, kualitas, dan fungsi perbaikan tersebut terpenuhi. Iwan menambahkan, “Kita sama-sama pemprov, kita kan di bawah Pemprov DKI.”

Baca Juga :   JIS Jadi Lokasi Puncak HUT Ke-495 DKI Jakarta

Dengan upaya perbaikan yang dilakukan, diharapkan JIS dapat menjadi stadion yang memenuhi standar internasional dan mampu menyelenggarakan acara olahraga bergengsi seperti Piala Dunia U-17 dan Piala Dunia U-20.

Catatan: Artikel ini bersifat fiktif dan dibuat berdasarkan informasi yang diberikan. Tanggal dan detail dalam artikel ini tidak mencerminkan peristiwa yang sebenarnya.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO