Tak Lama Lagi, Kereta Cepat Bakal Beroperasi

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Foto: Kompas

JagatBisnis.com –  Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi akan beroperasi. Kereta cepat ini sudah melakukan uji coba dengan kecepatan 300 km/jam. Namun, bagi Anda pengidap tachophobia, kendaraan cepat seperti ini bisa jadi sangat menakutkan. Yuk cek, jangan-jangan Anda mengidap tachophobia.

Rencananya KCJB akan diluncurkan pada Agustus 2023. Saat ini proses pengujian terus berlangsung. Pengujian yang dilakukan Jumat (16/6/2023), menggunakan kereta inspeksi atau CIT kini telah mencapai kecepatan 300 km/jam meski hujan mengguyur lintasan rel dengan deras.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan puncak kecepatan yang tercapai hingga 300 km/jam dengan sangat stabil didukung oleh adanya penyempurnaan prasarana seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring dan evaluasi yang terus dilakukan secara rutin.

Baca Juga :   Pekan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Secara bertahap laju KCJB akan ditingkatkan untuk mencapai puncak kecepatan operasionalnya di 350 km/jam hingga puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam,” jelas Emir dalam keterangan resminya, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga :   KCJB Mulai Uji Coba Akhir 2022

Mungkin bagi banyak orang, perjalanan dengan kereta cepat menjadi dambaan karena bisa tiba di tujuan lebih cepat dari moda transportasi lainnya. Namun ada beberapa orang yang akan sangat ketakutan untuk menaiki kendaraan cepat seperti KCJB. Mereka adalah para pengidap tachophobia.

Baca Juga :   Anggaran Proyek KCJB Membengkak Karena Apa?

Para ahli tidak tahu persis berapa banyak orang yang menderita tachophobia. Secara umum, sekitar 12,5 persen orang dewasa di Amerika Serikat menghadapi fobia spesifik di beberapa titik dalam hidup mereka. Wanita sekitar dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki fobia spesifik. (tia)

MIXADVERT JASAPRO