Kereta Api Ekonomi Rasa Eksekutif Setelah Bangkunya di Modifikasi

JagatBisnis.com – Para pengguna moda transportasi kereta api saat ini di manjakan dengan adanya perubahan bangku.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyampaikan progres terbaru modifikasi kursi kereta api (KA) ekonomi dari awalnya tegak lurus dan berhadap-hadapan menjadi setara kelas eksekutif.

Dalam unggahan instagram resmi @kai121_ KAI menuturkan melalui modifikasi ini, kursi KA ekonomi modifikasi memiliki ruang kaki yang lebih luas, kursi bisa diatur kemiringannya, serta dapat diputar sesuai arah laju kereta maupun berhadapan.

Baca Juga :   KAI Minta Maaf Soal Pengguna Disabilitas Ditolak di Solo Balapan

“Proses modifikasinya belum selesai 100 persen ya, tapi kita sudah bisa melihat progres pengerjaannya.

Perbedaan signifikan di kereta ekonomi modifikasi ini adalah jenis kursi yang sudah menggunakan tipe captain seat,” kata manajemen KAI dalam unggahannya, dikutip Sabtu (10/6).

Selain itu, modifikasi ini membuat kapasitas kursi KA ekonomi menjadi lebih sedikit yakni 72 kursi (seat), daripada sebelumnya ketika masih berhadap-hadapan sebanyak 80 kursi.
“Kapasitas kursinya juga sekarang jadi 72 seat dari sebelumnya 80 seat.

Baca Juga :   Gandeng Operator KA Malaysia, KAI Siapkan SDM Terbaik untuk LRT Jabodebek

Sehingga leg room-nya jadi lebih luas,” jelasnya.

Tak hanya kursi, KA ekonomi modifikasi ini akan memiliki PIDS (public information display) dan rak bagasi seperti kereta eksekutif, serta toilet yang memberikan nuansa mewah dengan kloset duduk dan hand dryer.

Adapun saat ini KAI melakukan proses modifikasi untuk 4 kereta yang dilakukan sepenuhnya di Balai Yasa Manggarai dan memakan waktu 1,5 bulan. Nantinya, ada 8 kereta ekonomi lain yang akan menyusul dimodifikasi di tahap awal.

Baca Juga :   KAI Daop 1 Jakarta Tambah Lokasi Layanan Antigen

“Sehingga nantinya ada 1 trainset atau 12 kereta ekonomi new generation,” imbuh manajemen KAI.

Meski demikian, pihak manajemen KAI belum membeberkan KA ekonomi hasil modifikasi ini akan dirangkaikan di KA untuk jurusan apa saja.

“Saat ini KAI masih melakukan beberapa kajian manajemen, namun semoga tidak lama lagi kalian sudah bisa merasakan experience baru naik kereta ekonomi yang lebih nyaman,” pungkasnya. (den)

MIXADVERT JASAPRO