Calon Jemaah Haji Kloter Jawa Barat Terbang Dari Bandara Kertajati

JagatBisnis.comDengan beroperasinya bandara Kertajati Majalengka membuat beban kerja Bandara Soekarno Hatta jadi sedikit ringan.

Perdana dalam sejarah sejak diresmikan pada 24 Mei 2018, Bandar Udara atau Bandara Kertajati menjadi tempat pemberangkatan jemaah haji. Ada sebanyak 366 jemaah haji yang diterbangkan pada Minggu (28/5) malam, dilepas langsung oleh Menteri Agama Yaqout Cholil Qoumas dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.Ridwan Kamil mengungkapkan kegembiraannya atas momentum bersejarah ini. Apalagi sebelumnya, dari Bandara Kertajati juga ada penerbangan internasional ke Malaysia yang dilayani maskapai AirAsia.

“Hari ini (28/5) bersejarah untuk Jawa Barat, karena ini pertama kalinya Bandara Kertajati yang kami banggakan bisa memberangkatkan [jemaah calon haji],” kata dia di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Hal ini menurutnya jadi angin segar bagi pengoperasian bandara kebanggaan Jawa Barat, dengan harapan dapat terus berjalan untuk melayani masyarakat.

Baca Juga :   Kemenag Terus Bersiap, Ini Layanan bagi Jemaah Haji 1443 H

Beserta jemaah yang diberangkatkan tersebut, total ada 24 kelompok terbang yang akan menjadikan Bandara Kertajati sebagai titik keberangkatan jemaah calon haji di 2023 ini.

Baca Juga :   Puluhan MAN Unggulan Kekurangan Pendidik, Tahun Ini Kemenag Siapkan 49 Ribu Guru PPPK

Pria yang biasa disapa Kang Emil itu juga berterima kasih kepada Kementerian Agama yang sudah memberikan kepercayaan untuk menjadikan Bandara Kertajati sebagai tempat pemberangkatan haji.
Setelah adanya penerbangan haji, dia mengharapkan Bandara Kertajati bisa dimanfaatkan untuk penerbangan lainnya, terutama umrah. Apalagi Jalan Tol Cisumdawu yang menjadi akses utama ke bandara tersebut juga akan segera dioperasikan pada Juni 2023 ini.

Baca Juga :   1.306 Karya Ikuti Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga

“Kami mendapatkan informasi bahwa Tol Cisumdawu akan beroperasi satu bulan lagi [Juni 2023] sehingga diharapkan dapat menunjang keberadaan bandara,” ujar Ridwan Kamil. (den)

MIXADVERT JASAPRO