Belum Punya QR Code? Jangan Harap Bisa Isi BBM Subsidi

JagatBisnis.comPara pemilik kendaraan yang selama ini membeli bahan bakar minyak subsidi mulai diperketat pembeliannya.

PT Pertamina Patra Niaga berencana untuk mewajibkan penggunaan scan QR Code pada setiap konsumen yang hendak beli BBM subsidi di Pertamina. Kebijakan ini rencananya akan berlaku dalam waktu dekat.

Dalam keterangan resminya, Pjs Area Manager Comm, Rel and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Joevan Yudha Achmad menyatakan sistem ini sedang diuji coba di beberapa daerah Jawa Barat. Salah satunya Kota Bandung.

Baca Juga :   5 Juta Kendaraan Sudah Terdaftar Program BBM Subsidi

Tapi rencananya, skema registrasi QR Code full registran ini akan diberlakukan di kota-kota besar lainnya dalam waktu dekat.

“Skema full QR akan dilaksanakan paling lambat dua minggu setelah skema full registran dilaksanakan,” kata Joevan, Senin, 15 Mei 2023.

Baca Juga :   Pertamina Diwanti-wanti Soal Penyelewengan BBM Subsidi

Jika skema full registran ini sudah berlaku, maka akan ada perubahan kebijakan jika masyarakat membeli BBM. Salah satunya mereka harus sudah terdaftar dalam subsiditepat MyPertamina.

Full registran adalah kendaraan yang sudah terdaftar dalam database Pertamina. Mereka bisa melakukan pembelian BBM solar dan Pertalite meskipun tidak membawa QR Code.

Sedangkan mereka yang belum terdaftar takkan dilayani oleh petugas SPBU.
Sedangkan skema berikutnya adalah full QR Code. Konsumen di sini wajib menunjukkan scan QR Code mereka jika ingin melakukan pembelian BBM subsidi.

Baca Juga :   Kuota BBM Subsidi Pertalite Tahun Ini Ditetapkan 32,56 Juta KL

Untuk registrasi, Joevan menyatakan masyarakat perlu mendaftar melalui program subsidi tepat.

Akses registrasi bisa dilakukan melalui situs resmi subsiditepat.mypertamina.id, bisa juga lewat aplikasi MyPertamina, atau datang langsung ke SPBU.(den)

MIXADVERT JASAPRO