Luar Biasa!, Selama Mudik Lebaran Perputaran Uang Sebanyak Rp 240,1 Triliun

JagatBisnis.comHari Raya Idul Fitri tahun ini mungkin menjadi momen yang sangat indah bagi masyarakat yang merayakannya karena dapat pulang ke kampung tanpa di batasi seperti halnya sewaktu ada pandemi Covid-19.

Sebanyak 123 juta orang Indonesia mudik Lebaran tahun ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, dari pergerakan tersebut ada putaran uang mencapai Rp 240,1 triliun.

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan angka itu jauh melebihi estimasi awal.

Baca Juga :   Ini Larangan Mudik Menurut Fiqih Islam

“Putaran ekonomi itu sangat besar pada waktu Lebaran. Data kami, putaran pada waktu musim lebaran masyarakat mudik itu yang tadinya kami perkirakan putarannya Rp 150 triliun ternyata faktanya Rp 240,1 triliun putaran uang di sini,” kata Triono saat diskusi di Kementerian PUPR, Rabu (10/5).

Masyarakat tidak hanya mudik, Triono mengatakan 92 persen masyarakat yang mudik juga liburan. Dia mencontohkan, orang yang mudik dari Jakarta ke Surabaya menghabiskan waktu di Semarang untuk liburan dan belanja.

Baca Juga :   Duh, 7 Juta Warga Bakal Nekat Mudik

Sehingga putarannya Rp 240 triliun. Artinya memang Lebaran kali ini dampaknya sangat besar sekali, multiplier effect-nya luar biasa. Tak hanya lancar, tapi dampaknya ke ekonomi nasional sangat besar,” terang dia.

Selama persiapan mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, PUPR tidak hanya menyiapkan infrastruktur saja, namun bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendatangkan peluang potensi ekonomi lainnya. Contohnya membuka penjualan tiket masuk pelabuhan Merak di rest area tol yang menuju ke sana.

Baca Juga :   Sejak Pukul 00.00 WIB, Polri Sudah Mulai Melakukan Penyekatan

“Kami siapkan di rest area kami untuk penjualan tiket. Masyarakat yang pulang bisa beli tiket menuju Merak. Waktu kami jual di rest area responsnya positif. Ke depan mungkin kami akan tambah rest area yang menjual itu, sehingga masyarakat yang biasanya beli langsung di Merak bisa mampir di rest area,” pungkas dia.(den)

MIXADVERT JASAPRO