Kemenlu Wajib Melindung WNI Korban Perdagangan Manusia

Menlu Retno Marsudi

JagatBisnis.com –  Iming-iming pekerjaan di luar negeri masih menjadi magnet yang sangat ampuh untuk memikat orang melakukan tindakan yang di namakan perdagangan orang.

Menteri Luar Negeri, (Menlu) Retno Marsudi menyatakan bahwa kasus perdagangan manusia semakin menyebar di Asia Tenggara. Pernyataan tersebut diungkapkan usai puluhan warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan disekap di wilayah pemberontak Myanmar yang belum lama ini terjadi.

Selain itu, Retno menyebut dalam tiga tahun terakhir, Indonesia telah menangani sekira 1.841 kasus penipuan online (online scam).

Baca Juga :   Indonesia Kecam Kekerasan Israel terhadap Warga Palestina di Masjid Al Aqsa

Saat ini, kata dia, pemerintah akan terus memberikan perhatian besar dan berupaya memberikan perlindungan terhadap WNI yang menjadi korban perdagangan manusia yang dipekerjakan di online scam tersebut di Myanmar.

Ia juga mengatakan bahwa kasus semacam ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Menurut Retno, online scam telah menjadi masalah regional dengan korban yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, Filipina, dan Vietnam.

Baca Juga :   Menlu: Indonesia Tidak Akan Ikut Embargo Ekonomi Rusia

“Korban perdagangan manusia yang dilakukan melalui online scam kian marak di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya, sebagaimana dari akun YouTube Kemenlu RI, pada Sabtu 6 Mei 2023.

Retno mengatakan bahwa Indonesia, sebagai ketua ASEAN, berkomitmen untuk membawa isu ini ke perbincangan dalam KTT ke-42 ASEAN mendatang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kerja sama regional dalam mengatasi permasalahan perdagangan manusia melalui online scam di Asia Tenggara.
Sebagai catatan, Indonesia akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun ini. Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, KTT ASEAN akan dilakukan dua kali secara langsung (in person).

Baca Juga :   Menlu Retno Temui 62 WNI Disekap di Kamboja

KTT ASEAN ke-42 akan diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 10 Mei hingga 11 Mei 2023, sedangkan KTT ASEAN ke-43 akan diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang. (den)

MIXADVERT JASAPRO