Jelang Lebaran, Stok Daging Dipastikan Aman

JagatBisnis.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok daging sapi jelang Hari Raya Idul Fitri aman dan harga terkendali. Kepastian tersebut disampaikan usai meninjau peternakan sapi milik salah satu perusahaan swasta di Desa Karangmekar, Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023).

“Di semua kantong-kantong suplai sesuai dengan neraca yang kita miliki. Jadi, ketersediaan jelang Idul Fitri dalam kondisi aman. Sehingga antara ketersediaan dan kebutuhan bisa kita penuhi dengan baik. Maka, saya pastikan ketersediaan daging sapidi Bekasi dan Karawang siap untuk mensuplai ke daerah lain,” kata
Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo
dalam keterangannya, Minggu (16/4/2023).

Saat ini, lanjut dia, stok sapi potong yang tersedia di satu perusahaan Bekasi mencapai 3.563 ekor dari total kandang yang mencapai 1.025 ekor serta sebanyak 2.538 berada di kandang Sukabumi. Jumlah itu masih akan bertambah karena akan ada tambahan stok sapi dari Australia.

Baca Juga :   Sapi Positif PMK di Sulsel Bakal Disembelih Paksa

“Kita berharap, khususnya di Jabotabek ini ketersediaan daging lebih baik dari tahun lalu hingga di atas 15 persen. Justru, yang kita antisipasi saat ini adalah menjaga agar tidak terjadi kenaikan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :   Melebihi Kapasitas, Wajar Eksportir SWB ke China Distop

Diketahui, Kementan memastikan ketersediaan sapi siap potong dalam kondisi aman. Karena saat ini ada sekitar 32 importir sapi yang memiliki 42.079 ekor sapi siap potong dan 1.528 ekor kerbau siap potong. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO