Bongkahan Emas Seberat 4,6 Kg Ditemukan di Austrilia

JagatBisnis.com  –  Seorang pria Australia menemukan bongkahan emas seberat 10 pound atau sekitar 4,6 kilogram (kg). Bongkahan emas itu nilainya mencapai USD160.000 atau setara Rp2,4 miliar. Emas itu terkubur di sebuah lapangan di Victoria, Australia yang dikenal sebagai “Segitiga Emas”.

Pria identitasnya minta dirahasiakan itu, menemukan emas dengan menggunakan detektor logam murah. Diketahui, wilayah di itu selama tahun 1800-an merupakan pusat demam emas Australia. Lalu, bongkahan emas itu dibawa ke Lucky Strike Gold, sebuah toko calon emas di kota terdekat Geelong.

“Rahang kami menyentuh lantai saat pertama kali melihatnya,” tulis Darren Camp, pemilik Lucky Strike Gold, menuliskan rasa tidak percaya dengan penemuan ini di halaman Facebook bisnis tersebut pada 27 Maret.

Baca Juga :   Australia Kirim Ekspedisi ke Antartika untuk Berburu Es Purba

Camp mengatakan, meskipun tidak jarang menemukan emas di bagian Australia ini, tapi dalam 40 tahun pencariannya ini adalah yang terbesar. Dia pun terkejut saat mengetahui nilai emas yang dibawa pria itu. Apalagi, bongkahan emas yang dibawanya hanya setengah dari yang ditemukannya. Sedangkan, setengahnya lagi masih disimpan di rumahnya.

Baca Juga :   Warga Melbourne Sambut Gembira Usai Lockdown Dicabut

“Dia membawa spesimen nugget emas ke saya untuk menanyakan apakah dalam batu itu ada emas senilai USD6.700 di dalamnya. Karena bongkahan emas ini sangat berat, saya langsung tahu bahwa itu akan bernilai tinggi,” kata Camp kepada Live Science, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga :   21 Mei 2022, Australia akan Selenggarakan Pemilu

Diketahui, bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di Australia dan di dunia, dikenal sebagai “Welcome Stranger”. Ditemukan oleh para penambang pada tahun 1869, beratnya 145,5 pound atau 66 kg dan bernilai sekitar USD2,7 juta atau Rp40,3 miliar.  (*/els)

MIXADVERT JASAPRO