Tahun Depan, 16 Ribu ASN Bakal Diboyong ke IKN Nusantara

JagatBisnis.com –  Pemerintah menargetkan tahap pertama pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantaea ke bakal mulai dilakukan pada tahun 2024. Pembangunan infrastruktur dasar disiapkan untuk menunjang kehidupan 16.990 aparatur sipil negara (ASN), TNI/Porli yang akan pindah terlebih dahulu.

Sekretaris Otoritas IKN Ahmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti pasar, sekolah, rumah sakit dan lain-lain sudah direncanakan sejak awal dan akan siap seiring dengan perpindahan ASN.

”Sebagai contoh rumah sakit bertaraf internasional rencananya akan hadir di KIPP. Kita juga akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang baik,” kata Jaka dalam pernyataan tertulisnya, Senin (27/3/2023).

Baca Juga :   ASN di Gowa Dilarang Mudik dan Cuti Lebaran

Selain itu, lanjut Jaka, pemerintah juga terus menggenjot pembangunan beragam fasilitas untuk kenyamanan ASN yang pindah ke IKN, seperti sarana olah raga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain sebagainya. Persiapan pemindahan ASN sudah berjalan mulai dari rapat koordinasi, perencanaan, penganggaran, dan persiapan lainnya.

Baca Juga :   ASN di Babel Dilarang Gunakan LPG Bersubsidi

“Perpindahan ibu kota ke Nusantara bukan hanya akan memberikan dampak positif bagi ASN dan masyarakat sekitar, tetapi juga bagi pembangunan nasional secara keseluruhan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, IKN dapat menjadi kawasan pusat pemerintahan yang modern dan efisien, dengan infrastruktur yang memadai dan sistem pemerintahan yang lebih baik. Karena perpindahan ibu kota juga tidak dapat dianggap sebagai solusi tunggal untuk mengatasi semua masalah yang dihadapi Indonesia.

Baca Juga :   ASN di Aceh Dapat Tambahan 2 Hari Libur Idul Adha 1443 H

“Pindahnya ibu kota dapat menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan berkeadilan, dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO