Wisata  

Semarang Berpotensi Kembangkan Wisata Halal

JagatBisnis.com –  Semarang memiliki potensi pengembangan wisata halal. Apalagi, spot pariwisata di Kota Atlas ini bisa dikembangkan dalam konsep wisata religi.

“Banyak sekali spot pariwisata yang bisa dikembangkan dalam konsep wisata religi, wisata ziarah, wisata budaya, wisata alam, hingga wisata buatan, yang bisa berlanjut ke sektor ekonomi kreatif sebagai produk halal, seperti kosmetik hingga paket-paket wisata, baik sebelum maupun sesudah umrah,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam keterangannya, Sabtu (18/3/2023).

Sandiaga menjelaskan, jika peluang dan fokus pemerintah atas peningkatan sektor ekonomi kreatif dan bukan berarti mensyariahkan destinasi. Apalagi, saat ini Saat ini, pihaknya sedang mengembangkan konsep wisata halal dengan tiga layanan tambahan dasar.

Baca Juga :   4 Pejalan Kaki di Semarang Tertabrak Mobil Anggota DPRD Jateng

“Pertama, need to have yang merupakan suatu keharusan.
Artinya, harus menyajikan aneka kuliner halal. Restoran mana saja yang menyediakan makanan halal. Sehingga wisatawan merasa aman mengonsumsi makanan halal,” ungkapnya.

Baca Juga :   Banjir Bandang di Perumahan Ngaliyan Semarang

Kedua, lanjutnya, good to have, yakni akan lebih baik jika di tempat wisata dihadirkan toilet yang ramah bagi muslim dan muslimah. Ketiga yaitu nice to have. Jadi, akan lebih baik jika ada fasilitas rekreasi yang ramah dengan keluarga muslim.

Baca Juga :   Kebakaran di Pabrik Tiner Semarang

“Dengan dikembangkannya konsep wisata halal, maka pemasukan untuk sektor ekonomi kreatif di Indonesia akan semakin besar karena didukung dengan semakin ramahnya layanan dan fasilitas yang berbasis halal. Ini akan menjadi hal yang positif bagi upaya peningkatkan sektor ekonomi kreatif,” pungkas Sandiaga. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO