Banjir Bandang di Perumahan Ngaliyan Semarang

JagatBisnis.com Banjir bandang menerjang perumahan di Tambak Aji, Ngaliyan, Kota Semarang pada Senin( 7/ 11). Plh Wali Kota Semarang, Iswar Aminuddin, berkata banjir diprediksi disebabkan karena alih fungsi lahan di hulu Sungai Beringin.

” Ke depan saya kira memang harus perlu ada evaluasi kembali terhadap perubahan fungsi lahan di daerah atas karena( Kali) Beringin itu kan sebetulnya telah kita penilaian dengan kapasitas yang sudah dihitung yah sampai sekian puluh tahun, tapi mungkin ada apa di daerah atas sehingga kita harus investigasi kembali,” ucap Iswar di posisi.

Dia menarangkan, pergantian fungsi lahan di hulu sungai yang terletak di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, membuat debit air tidak terbendung. Sehingga sungai meluap serta tanggul jebol.

Baca Juga :   Banjir Kalsel Karena Populasi Hutan Turun 10 Tahun Terakhir

” Pada daerah Ungaran Barat biasa memang kondisi ketika terjadi hujan tinggi maka dampaknya ke bawah. Karena banjir kanal barat maupun sungai lainnya hulunya dari atas,” jelas ia.

Baca Juga :   20 Ribu Jiwa Lebih Terdampak Banjir Bandang Garut

Pemkot Semarang fokus membetulkan aliran sungai yang hadapi kehancuran. Sehingga air dapat mengalir dengan mudah.

Baca Juga :   Korban Tewas Akibat Banjir Bandang di Kota Batu Bertambah

” Untuk perbaikan sementara aliran sungai mulai kita perbaiki karena kemarin terjadi apalagi kerusakan yang besar kita harus kembalikan itu. Jadi jangan sampai kemudian ada bencana selanjutnya. Kita perbaiki dulu talud- taludnya,” tegas Iswar. (tia)

MIXADVERT JASAPRO