Kemenkes Dorong Riset Mendalam Daun Kelor

JagatBisnis.com-Daun kelor yang merupakan tanaman herbal sekaligus makanan tradisional Indonesia akan didorong ke tingkat internasional agar lebih mendunia. Karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta riset seputar tanaman ini terus dilakukan dengan serius.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, daun kelor kini tengah menjadi perhatian khusus pemerintah. Karena pihaknya ingin menjadikan tanaman tersebut sebagai herbal terbaik khas Indonesia yang mendunia, sebagaimana halnya ginseng dari Korea.

“Saya pengin ngimbangin seperti ginsengnya Korea. Dibikin penelitian yang serius untuk masuk dunia internasional,” kata Budi dalam program Sehat Negeriku dikutip dari laman Kemenkes, Minggu (5/3/2023)

Baca Juga :   Kejar Aturan Vaksinasi Booster Dikejar Sebelum 12 Januari 2022

Menurut Budi, bukan tanpa alasan pihaknya memiliki ambisi seperti itu. Karena daun kelor memang mengandung segudang nutrisi yang tentu saja bagus untuk kesehatan. Daun kelor diketahui kaya akan protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Karena itulah daun kelor sering digunakan sebagai bahan makanan maupun suplemen untuk membantu mencegah atau mengatasi berbagai penyakit.

Baca Juga :   Pandemi Membuat Masyarakat Lebih Peduli Kebersihan

“Karena daun kelor tanaman khas NTT, maka saya minta ke Pemda NTT ini kita masukkan penelitian karena kelor kaya akan gizi. Biasanya, kelor di NTT diolah menjadi sayur atau lalapan, yang diolah dengan bumbu khas daerah tersebut,” tegas Budi. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO