Kemenhub Bakal Bangun Kereta Dalam Kota di IKN

JagatBisnis.com –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun kereta jarak dekat untuk mendukung mobilitas masyarat di Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang direncanakan, yaitu kereta dalam kota.

“Kami mengusulkan kereta api dengan roda ban seperti bis bisa berjalan di atas virtual line, sehingga nanti daya angkut memang tidak banyak hanya 50-100 orang,” kata Menteri Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Dia menjelaskan, infrastruktur tersebut merupakan hasil kerja sama pihaknya yang diusulkan kepada investor Jepang. Moda angkutan transportasi tersebut dikhususkan untuk mengakomodasi masyarakat di IKN untuk perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kawasan IKN.

Baca Juga :   Kemenhub Ubah Syarat Perjalanan Darat 250 Km Wajib PCR/Antigen

“Sehingga nantinya jarak antara satu stasiun dengan stasiun lainnya tidak jauh. Adapun skema investasi yang akan dilaksanakan adalah Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) melalui mekanisme availability payment. Artinya pemerintah akan mengontrak cicilan dan jangka waktu tertentu sesuai dengan nilai investasi yang ditanam,” paparnya.

Baca Juga :   Menhub Ingin Proyek Jalur Dwi Ganda Kereta Api Manggarai-Cikarang Dipercepat

Tak hanya itu, tambah dia, pihaknya mendapatkan bagian tugas untuk menggarap infrastruktur transportasi transportasi pelabuhan, infrastruktur kendaraan listrik, dan bandara. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO