Besok, Polda Metro Jaya Uji Coba CFD Setiap Jumat

JagatBisnis.com –   Polda Metro Jaya mulai Jumat (3/3/2023) akan menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di lingkungan Polda Metro Jaya setiap hari Jumat. Penutupan akses ke Polda Metro Jaya diberlakukan sejak pukul 06.00-11.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, CFD di lingkungan Polda Metro Jaya dilakukan sebagai upaya mengurangi polusi. Selain itu juga menciptakan perkantoran yang go green.

“Penerapan CFD setiap Jumat ini diutamakan untuk internal. Hal ini sudah kami sampaikan untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke wilayah area di Polda Metro Jaya,” katanya, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga :   Kasus Rachel Vennya Dinaikkan jadi Tahap Penyidikan

Dia mengungkapkan, saat CFD diterapkan ada beberapa aturan yang menjadi pengecualian, terkait mobil dinas operasional masih masih diperbolehkan. Karena dalam menjalankan tugas, pihaknya tetap membutuhkan kendaraan operasional.

Baca Juga :   Polda Metro Sebar Personel Tak Berseragam untuk Cegah Rusuh di Laga Indonesia Vs Vietnam

“Selain itu, kami juga masih membuka layanan cek fisik kendaraan, baik kendaraan roda empat dan roda dua. Tapi kami batasi, pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200,” ungkap Kombes Pol Trunoyudo.

Dia menjelaskan, CFD ini merupakan salah satu program resolusi tahun 2023 untuk menerapkan hutan kota, mengurangi polusi udara dan gerakan seribu langkah sehari.

Baca Juga :   Tilang CCTV Kini Punya Sensor Khusus untuk Tilang Kendaraan Muatan Berlebih di Tol

“Tentunya kami mohon dukungan terkait CFD yang ada di Polda Metro Jaya. Kami mendorong masyarakat dan juga personel menggunakan angkutan umum. Apalagi, sebelumnya kami sudah menerapkan uji coba “Jumat bebas kendaraan bermotor” pada 25 Februari 2023 lalu,” tutup Trunoyudo. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO