Polda Metro Sebar Personel Tak Berseragam untuk Cegah Rusuh di Laga Indonesia Vs Vietnam

ilustrasi polisi Foto: Dobrak

JagatBisnis.com Polda Metro Jaya mengerahkan 3.624 personel untuk mengamankan pertandingan Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023) malam.

“Dari 3600 sekian itu, ada dalam stadion itu 100 orang anggota Brimob berseragam tapi tidak bersenjata,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Kamis (5/1/2023) malam.

Zulpan menerangkan, personel gabungan tersebut terdiri atas 3.281 anggota Polri, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah.

Baca Juga :   Polda Metro Larang Nyalakan Petasan dan Kembang Api pada Malam Tahun Baru

“100 itu di lorong-lorong mengelilingi stadion. Kemudian ada juga yang berpakaian preman, anggota kita jumlah-nya 200 totalnya,” ungkapnya.

Personel gabungan akan berjaga di luar stadion. Sementara untuk pengamanan di dalam Stadion Gelora Bung Karno akan dilakukan oleh 500 steward.”Mendasari aturan FIFA maka untuk pengamanan di dalam stadion akan ada steward,” ucapnya.

Baca Juga :   Saksikanlah, Duel Timnas U-23 Vs Australia Hari Ini

Lebih lanjut Zulpan mengatakan, nantinya anggota yang berpakaian preman akan bersiaga memantau penonton kemungkian akan membuat onar dan kerusuhan.

“Di setiap sektor itu kan termonitor CCTV. Kita lihat kalau ada penonton yang mabuk, kemudian yang berantem, anggota yang tidak berseragam nanti mengamankan agar tidak terjadi keributan,” tuturnya.

Baca Juga :   Leg 2 Vs Singapura, Iwan Bule Beri Pesan Untuk Coach Tae-yong

Pada kesempatan yang sama, Zulpan mengimbau kepada para penonton hendaknya tetap menjaga nama baik bangsa Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam pertandingan.

“Apalagi nanti Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola U-20. Tentu kita sudah harus mulai bersikap profesional dalam mengelola sepak bola, khususnya sebagai penyelenggara atau tuan rumah,” tandasnya. (tia)