AS Gelar Latihan Angkatan Udara Bersama Korsel dan Jepang

JagatBisnis.com  –  Amerika Serikat (AS) mengadakan latihan udara bersama dengan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, yang melibatkan pembom strategis, Minggu (19/2/2023). Latihan ini dilangsungkan sehari setelah Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15 dalam “latihan peluncuran mendadak”.

Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan, latihan tersebut, jet tempur F-35A, F-15K dan F-16 Korsel mengawal pembom B-1B Amerika, menunjukkan kemampuan pertahanan dan postur kesiapan sekutu yang luar biasa.

“Latihan memperkuat kemampuan operasi gabungan dan menegaskan komitmen kuat Amerika Serikat untuk pertahanan Semenanjung Korea dan penerapan pencegahan yang diperluas,” kata militer Korsel dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/2/2023).

Baca Juga :   AS Buang Vaksin hingga 15,1 Juta Dosis Saat Negara Miskin Kurang

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang, Tokyo mengirim F-15 di atas Laut Jepang dengan pembom B-1 Angkatan Bersenjata AS dan F-16 dalam latihan taktis. Sebelumnya, Jepang menyebut lingkungan keamanan yang semakin parah setelah rudal terbaru Korut mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mereka.

Baca Juga :   AS Setuju Penjualan 280 Rudal ke Arab Saudi

“Latihan bilateral ini menegaskan kembali keinginan kuat antara Jepang dan AS untuk menanggapi situasi apa pun, kesiapan Pasukan Bela Diri Jepang dan Angkatan Bersenjata AS sehingga semakin memperkuat kemampuan pencegahan dan tanggapan Aliansi Jepang-AS,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO