Pinjol Warga Ibu Kota Mencapai Rp5 Triliun

JagatBisnis.com –  Data terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran pinjaman online (pinjol) tertinggi terjadi pada Desember 2022. Adapun penyaluran terbanyak di DKI Jakarta. Jumlahnya penyaluran dananya mencapai Rp5,02 triliun atau 25,71 persen dari total penyaluran pinjol di Indonesia.

“Sementara itu, Provinsi Jawa Barat menempati posisi kedua dengan jumlah penyaluran dana pinjol sebesar Rp4,07 triliun atau 24,23 persen. Disusul Jawa Timur di posisi ketiga dengan total penyaluran dana pinjol sebesar Rp2,5 triliun. Selanjutnya, penyaluran dana pinjol pada Desember 2022 di Banten mencapai Rp2,5 triliun, lalu Jawa Tengah Rp1,7 triliun, dan Sumatera Utara Rp1,4 triliun,” kata OJK, Rabu (1/2/2023).

Sebagaimana diketahui, pinjaman online saat ini menjadi alternatif pendanaan bagi masyarakat. Hal itu dikarenakan proses pencairan dana pinjaman online lebih cepat dibandingkan pinjaman konvensional.

Baca Juga :   Jika Tak Ingin Kena Tipu, Cek Legalitas Investasi via OJK

Sebagai informasi, hingga 20 Januari 2023, terdapat 102 perusahaan penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang mengantongi izin OJK.

Baca Juga :   Lindungi Konsumen, OJK Tekankan Pentingnya Tata Kelola Digital

OJK pun mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara fintech lending atau pinjol yang legal alias sudah berizin dari OJK. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO