Kemendagri Perkuat Netralitas Penyelenggara Negara untuk Pemilu

JagatBisnis.comKementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya mendukung terbangunnya ekosistem pemilu yang berkualitas dengan memperkuat netralitas penyelenggara negara untuk pelaksanaan tahapan pemilu.

“Ekosistem pemilu yang berkualitas perlu dibangun agar seluruh pihak merasa diperlakukan adil, baik kontestan maupun pihak lainnya yang terlibat dalam pemilu. Sesuai dengan asas pemilu, yakni langsung, umum, bebas, rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil),” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Bahtiar menegaskan, gelaran itu merupakan bentuk dukungan konkret Kemendagri terhadap penyelenggaraan pemilu. Hal tersebut terutama dalam mendukung seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berlangsung dengan baik.
Menurut Bahtiar, dengan persiapan yang lebih matang, diharapkan tujuan yang hendak dicapai pada Pemilu 2024 dapat terwujud.

Baca Juga :   Kemendagri Akan Pantau Langsung Pilkades Serentak di Kabupaten Landak

“Keadilan pemilu hanya bisa ditegakkan apabila seluruh penyelenggara negara yang terkait langsung maupun yang tidak langsung menjalankan tugasnya sebagaimana yang diatur dalam konstitusi maupun undang-undang,” tutup Bahtiar. (*/eva)