Wajib Tahu! Berikut Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

JagatBisnis.comRambutan merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Selain bentuknya yang unik, kandungan nutrisi pada rambutan membuat buah ini disukai masyarakat. Rambutan merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, atau Sri Lanka.

Bentuk buah ini mirip seperti leci. Hanya saja, kulit luarnya memiliki bulu-bulu yang menyerupai rambut sehingga dinamakan rambutan. Di Indonesia, ada berbagai jenis rambutan. Di antaranya rambutan ace, binjai, dan rapiah. Rasanya pun ada yang manis dan asam, tergantung tingkat kematangan dan jenisnya. Selain itu, ternyata rambutan juga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat rambutan untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (28/1/23).

Baca Juga :   8 Asupan Ini Kaya Cairan untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah ini mengandung vitamin A, C serta antioksidan yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan imunitas sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga :   Hati-Hati! Alami Sariawan Lebih dari Sebulan Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

2. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan serat pada buah rambutan berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Karena itu, rambutan bermanfaat untuk mengatasi diare atau sembelit.

3. Menjaga kesehatan jantung dan tulang
Kandungan kalium pada rambutan berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Sehingga membantu memelihara kesehatan jantung.
Selain kalium, rambutan juga punya kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Baca Juga :   Ini Bahayanya Merokok di Dalam Mobil

4. Bermanfaat bagi ibu hamil
Buah ini ternyata juga punya banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin. Di antaranya, kandungan zat besi pada rambutan dapat mencegah anemia.
Karena keurangan darah pada bumil bisa menimbulkan sejumlah masalah, seperti risiko lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah hingga kematian.

5. Kanker
Kaya akan antioksidan sehingga buah ini dipercaya sebagai penangkal radikal bebas dan dapat mencegah penyakit kanker. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO