Hindari Penipuan Online, BRI Proaktif Edukasi Nasabah dan Koordinasi dengan Kepolisian

JagatBisnis.com –  Modus baru penipuan online terus bermunculan. Masyarakat dan nasabah bank diimbau selalu cermat, waspada dan meningkatkan literasi digital. Terkait munculnya beragam modus kejahatan perbankan, BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia secara intens berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto mengatakan, pihaknya secara proaktif terus berkordinasi dan menjalin komunikasi dengan kepolisian. Hal itu untuk mendukung proses pengungkapan dan penangkapan kejahatan perbankan tersebut. Penangkapan tersebut diharapkan juga memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan serupa.

“Pengungkapan yang sudah dilakukan kepolisian menjadi momentum bagi kita semua untuk terus berhati-hati atas berbagai modus penipuan yang saat ini kian marak terjadi di masyarakat. Pengungkapan itu juga menjadi penanda atas keseriusan kami untuk menangani kasus penipuan itu bersama para pihak terkait,” katanya, Sabtu (21/1/2023). .

Baca Juga :  

Menurut Agus, pihaknya secara berkala terus melakukan edukasi pencegahan berbagai modus penipuan yang disebarkan melalui berbagai saluran komunikasi. Di antaranya rekayasa sosial atau social engineering (soceng), phising, dan sebaran file APK palsu. Diharapkan, edukasi yang dilakukan melalui berbagai media resmi perseroan dapat meningkatkan awareness masyarakat agar terhindar dari berbagai modus kejahatan perbankan.

Baca Juga :   BRI Pastikan Tak Butuh Tambahan Modal Hingga Beberapa Tahun

“Kami pun terus mengimbau nasabah agar senantiasa berhati-hati dalam melakukan transaksi keuangan. Caranya, dengan menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan seperti user name, Password, PIN, OTP, dan sebagainya. Nasabah wajib merahasiakan itu dari siapapun, termasuk keluarga, kerabat, maupun petugas bank,” tegas Agus. (*/eva)