Tekno  

Sharp Hubungkan VR dan Smartphone, Gabungkan Dunia Nyata dan Virtual

JagatBisnis.comSharp Corporation telah mengembangkan prototipe head-mounted display untuk virtual reality (VR) yang terhubung ke smartphone. Prototipe ini memiliki bobot ultra ringan dengan berat hanya 175 gram dan kualitas gambar tinggi.

CEO Sharp Corporation Robert Wu menjelaskan, produk prototipe ini dapat dikoneksikan dengan menggunakan perangkat canggih milik Sharp, seperti layar VR ultra ringan dan lensa mata ultra tipis yang cemerlang. Prototipe head mounted display untuk VR yang terhubung ke smartphone juga dapat dilipat menjadi ukuran yang ringkas, sehingga mudah dibawa ke mana pun.

“Dari sisi layarnya, prototipe ini mampu menghadirkan definisi tinggi 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dan refresh rate 120Hz. Gambar realistis yang dihasilkan dapat menciptakan pengalaman yang memukau,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga :   Sharp Bantu PJJ Pelajar dan Guru Indonesia

Menurut dia, prototipe ini menggabungkan modul kamera warna RGB Sharp yang unik. Di mana lensa yang digunakan merupakan lensa polimer hingga memungkinkan pemfokusan otomatis ultra cepat. Sehingga memiliki tampilan gambar kaya warna yang realistis layaknya dunia nyata.

Baca Juga :   Sharp Gandeng SMAN 12 Bandung Gelar Program Pelestarian Lingkungan

“Selain itu, prototipe ini juga dilengkapi fungsi gambar pop up yang menampilkan dunia nyata di sekitarnya di jendela terpisah di bagian ruang VR. Pemfokusan gambar dicapai dengan mengubah ketebalan lensa polimer, yang berarti pemfokusan jauh lebih cepat daripada kamera konvensional,”ungkapnya.

Bahkan, lanjut dia, saat posisi fokus berpindah, sudut pandang (jangkauan yang dapat dilihat) tetap sama, yaitu berkurangnya rasa pusing dan mual [motion sickness]. Handset ini memiliki dua kamera B/W untuk mendukung fungsi pelacakan tangan [hand tracking] yang mengenali gerakan tangan pengguna dan mengubahnya menjadi pengoperasian di
bidang yang terlihat.

Baca Juga :   Sharp Kembali Hadirkan AQUOS Game Competition & Exhibition

“Fungsi ini memungkinkan pengoperasian yang intuitif tanpa memerlukan pengontrol. Dengan dimulainya pengembangan ini, kami akan mempercepat penciptaan pengalaman baru yang menggabungkan dunia nyata dan virtual,” terangnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO