Jokowi: Tol Pekanbaru-Bangkinang, Dulu 2 Jam dan Kini Hanya 23 Menit

JagatBisnis.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer (km), Rabu (4/1/2023). Kehadiran tol tersebut mampu memangkas waktu tempuh hingga 1 jam lebih untuk perjalanan dari Pekanbaru-Bangkinang.

“Dulu Pekanbaru-Bangkinang 1,5-2 jam, tadi saya coba sendiri hanya 23 menit. Artinya, ada kecepatan. Kalau ada kecepatan mobilitas tinggi, daya saing akan lebih meningkat produk di kabupaten Kampar dan provinsi Riau, kemudian muncul titik-titik perekonomian,” kata presiden, dikutip Kamis (5/1/2023).

Dengan jaringan logistik yang lebih baik, lanjut Jokowi, akan memperbaiki daya saing terutama komoditas-komoditas yang diproduksi di provinsi Riau. Selain itu juga menumbuhkan sentra perekonomian baru yang pada akhirnya akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   Mulai Juni 2023, Jokowi Resmi Larang Ekspor Bijih Bauksit

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang turut mendampingi presiden dalam peresmian tersebut mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Baca Juga :   Jokowi: Kasus COVID dan BOR RS Menurun

“Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, kini sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, Insha Allah juga selesai 2024,” terang Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menambahkan, dengan tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan diharapkan dapat menjadi tulang punggung Trans Sumatera yang menciptakan kawasan perekonomian baru di Provinsi Riau. Khususnya mendorong tumbuhnya industri perkebunan, pertambangan, dan industri turunannya di Kabupaten Kampar serta mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

Baca Juga :   Jokowi Pantau Langsung Vaksinasi Pedagang di Pasar Tanah Abang

“Harapan kita kalau Tol Bangkinang-Pangkalan juga selesai dari 3 jam Pekanbaru menuju Muara Takus bisa kita pangkas menjadi 1-1,5 jam saja. Ruas tol ini akan menjadi pengungkit baru perekonomian di Provinsi Riau,” pungkasnya. (*/esa)