DLH DKI Terjunkan Ribuan Pasukan Orange Bersihkan Sampah Perayaan Tahun Baru

JagatBisnis.com-Perayaan tahun baru 2023 di DKI Jakarta menghasilkan sampah sebanyak 74 ton sampah yang dikumpulkan dari sejumlah lokasi keramaian. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menerjunkan ribuan Petugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) atau yang dikenal dengan pasukan oranye melakukan penanganan sampah tepat setelah perayaan tahun baru berakhir dan tuntas pada pukul 05.00 WIB.

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Ungkap Puncak Tahun Baru DKI Akan Digelar di TMII

Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun ini lebih kecil daripada sebelum pandemi yang mencapai 125 ton. Ini mungkin karena perayaan pertama setelah pandemi, massa belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib.

“Makanya, untuk menangani sampah setelah selebrasi pergantian tahun di seluruh titik keramaian massa yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi, kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan. Seluruh pasukan serta armada dari kami sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB. Alhamdulillah kita sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target,” kata Asep, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga :   23 Persen Warga Tinggalkan Jakarta Jelang Nataru

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya menyebar lokasi perayaan tahun baru. Sejumlah lokasi yang ditunjuk yakni, di Jakarta Pusat terletak di Thamrin 10, lalu Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing di kantor wali kota. Lalu, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Old Shanghai Cakung, dan Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa. Lalu, puncak kegiatan perayaan malam tahun baru digelar di TMII. (*/esa)